Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangkalan Militer AS di Suriah Kembali Diserang, Lima Roket Menghantam Bandara Kharab al-Jir

Komando Pusat (CENTCOM) AS mengatakan lima roket menghantam pangkalan militer AS di Suriah di Bandara Kharab al-Jir namun tidak ada korban jiwa

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Pangkalan Militer AS di Suriah Kembali Diserang, Lima Roket Menghantam Bandara Kharab al-Jir
Al Arabiya/AFP
Seorang pejuang Pasukan Demokratik Suriah (SDF) berdiri di sisi jalan saat konvoi pasukan AS melewati kota Qamishli yang mayoritas penduduknya Kurdi. 

TRIBUNNEWS.COM – Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan sejumlah pangkalan militer yang menampung pasukan AS di Suriah menjadi sasaran serangan pada Selasa (24/11/2021). Namun tidak ada korban luka atau kerusakan.

“Ada serangan yang diarahkan ke pangkalan yang menampung Pasukan Koalisi; namun serangan ini gagal dan tidak berdampak pada daerah dekat pangkalan tersebut,” kata seorang pejabat CENTCOM kepada Al Arabiya.

Sebelumnya pada hari itu, kantor berita pemerintah Suriah melaporkan bahwa lima roket ditembakkan ke bandara militer Kharab al-Jir.

Kantor berita SANA menyebutkan bahwa bandar aitu digunakan  oleh “pendudukan AS” sebagai pangkalan. Tetapi tidak ada korban atau kerusakan yang dilaporkan.

Pasukan Koalisi pimpinan AS telah mendapat kecaman pada beberapa kesempatan di Irak dan Suriah.

Baca juga: Serangan Bom di Suriah Menewaskan 13 Personel Militer, Polisi: Ini Tindakan Pengecut

Baca juga: Suriah Puji Jenderal Iran yang Bantu Pimpin Perang Lawan Teroris

Kelompok teroris dan milisi yang didukung Iran berada di balik serangan, yang tampaknya meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Para pejabat dan jenderal AS telah berulang kali menyatakan bahwa AS tidak akan mundur dari kedua negara sampai ancaman ISIS benar-benar dikalahkan.

BERITA REKOMENDASI

“ISIS dan al-Qaida di Suriah menimbulkan ancaman abadi bagi kepentingan keamanan nasional AS, khususnya melalui lebih dari 10.000 tahanan ISIS yang ditahan di fasilitas darurat di timur laut Suriah bersama dengan puluhan ribu pengungsi yang hidup dalam kondisi melarat di kamp-kamp pengungsian yang terlalu padat,” kataseorang pejabat Gedung Putih sebelumnya mengatakan kepada Al Arabiya English.

Serangkaian Serangan

Bulan lalu, CENTCOM juga menyatakan bahwa  sebuah serangan yang disengaja dan terkoordinasi menggunakan drone dan tembakan tidak langsung menargetkan pasukan AS di pangkalan AS di At-Tanf di Suriah, dekat perbatasan dengan Yordania.

Baca juga: Serangan Udara Hancurkan Gudang Senjata Milisi Iran di Suriah

Baca juga: Amerika Serikat Lancarkan Serangan Udara di Suriah dan Irak, Targetkan Milisi yang Didukung Iran

“Kami mempertahankan hak membela diri yang melekat dan akan merespons pada waktu dan tempat yang kami pilih," ujar Kapten Bill Urban, juru bicara Komando Pusat, mengatakan dalam sebuah pernyataan Oktober lalu, seperti dilansir dari CNN.

AS mempertahankan keberadaan sekitar 900 tentara di Suriah, sebagian besar terbagi antara pangkalan At-Tanf dan ladang minyak timur negara itu.

Pangkalan itu berada di dalam zona dekonflik seluas 20 mil persegi di dekat perbatasan Suriah dengan Yordania.

Zona ini didirikan oleh Rusia dan koalisi pimpinan AS untuk mencegah kedua belah pihak melakukan kontak yang tidak disengaja.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas