Tribun

Rekaman Vulgar Ratusan Penghuni Apartemen di Korsel Bocor, Diretas dan Dijual ke Dark Web

Korea Selatan digegerkan dengan aksi hacker yang meretas ratusan perangkat smart home dan menjual rekaman vulgar si pemilik rumah di dark website.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Whiesa Daniswara
Rekaman Vulgar Ratusan Penghuni Apartemen di Korsel Bocor, Diretas dan Dijual ke Dark Web
Ahn Young-joon / AP Photo
Pasangan yang mengenakan masker naik sepeda tandem di sekitar taman di Seoul pada hari Sabtu. Lebih dari 7.000 orang di Korea Selatan telah didiagnosis dengan virus 

TRIBUNNEWS.COM - Korea Selatan digegerkan dengan aksi hacker yang meretas ratusan perangkat smart home dan menjual rekaman vulgar si pemilik rumah di dark website.

Video-video kegiatan privat itu dijual dengan pembayaran bitcoin.

Menurut Badan Keamanan Internet Korea, polisi pekan lalu meluncurkan penyelidikan dan mengonfirmasi bahwa video-video kegiatan penghuni apartemen di seluruh negeri bocor secara online.

Dilansir SCMP, sebuah gambar dari salah satu potongan video yang ada di dark web menunjukkan kegiatan pribadi penghuni apartemen. 

Baca juga: Cara Screen Record dengan Audio pada Smartphone Android Tanpa Aplikasi Third Party

Baca juga: Warga Terdampar dan Khawatir Lockdown, Banyak Negara Tolak Penerbangan dari Afrika Selatan

Teknologi pintar pada smart home akan memudahkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Menyalakan lampu, membuka pintu rumah tidak lagi perlu dilakukan secara konvensional, semuanya dapat dilakukan lebih mudah dan cepat menggunakan sistem yang terotomatisasi
Teknologi pintar pada smart home akan memudahkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Menyalakan lampu, membuka pintu rumah tidak lagi perlu dilakukan secara konvensional, semuanya dapat dilakukan lebih mudah dan cepat menggunakan sistem yang terotomatisasi (ist)

Di antaranya ada yang dalam kondisi tanpa busana hingga tengah melakukan hubungan intim, lapor IT Chosun, situs berita teknologi yang mengungkap peretasan ini.

Seorang reporter yang menyamar sebagai pembeli mencoba menghubungi hacker yang menjual video-video ini.

Menurut email yang diterima, hacker menjual hasil peretasannya itu sebesar 0,1 bitcoin (USD5.736 atau sekira Rp82,2 juta) untuk mendapat akses video ke sebuah apartemen selama 24 jam.

Si hacker bahkan dilaporkan memberi reporter itu daftar apartemen atau flat untuk dipilih.

Fitur smart home yang dipasang di apartemen di Korea Selatan awalnya hanya berupa sistem interkom, namun belakangan diperluas lagi fungsinya.

Kini banyak apartemen memiliki perangkat smart home yang meliputi kunci pintu wall pad, lampu, pemanas, lemari es, mesin cuci, hingga AC yang dapat dikontrol menggunakan smartphone saja.

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas