Tribun

Virus Corona

Antisipasi Omicron, Jepang Percepat Vaksinasi ke-3 Mulai Hari Ini

Antisipasi masuknya Omicron di Jepang dengan mempercepat vaksinasi ke-3 yang dimulai 1 Desember 2021 sudah mulai dilakukan khususnya bagi kalangan med

Editor: Johnson Simanjuntak
Antisipasi Omicron, Jepang Percepat Vaksinasi ke-3 Mulai Hari Ini
Richard Susilo
Pemeriksaan sebelum dilakukan vaksinasi di Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Antisipasi masuknya Omicron di Jepang dengan mempercepat vaksinasi ke-3 yang dimulai 1 Desember 2021 sudah mulai dilakukan khususnya bagi kalangan medis Jepang.

Pemerintah pusat Jepang semula mengungkapkan interval 8 bulan dari vaksinasi ke-2.

Namun pemerintah daerah telah memindahkan interval dari vaksinasi kedua menjadi 6 bulan karena kekhawatiran tentang penyebaran strain Omicron. Ada juga permintaan untuk menerapkannya segera suntikan ke-3 tersebut.

Mengenai inokulasi ketiga, Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan menetapkan interval dari inokulasi kedua hingga 8 bulan atau lebih pada prinsipnya.

"Jika terjadi klaster di institusi medis atau fasilitas untuk orang tua, berkonsultasilah dengan Kementerian Kesehatan.  Tenaga Kerja dan Kesejahteraan secepatnya," ungkap sumber Tribunnews.com Rabu (1/12/2021).

Untuk itu tambahnya, dapat   ditingkatkan hingga 6 bulan untuk pengguna dan staf yang bersangkutan untuk vaksinasi ke-3 sebagai antisipasi Omicron pula.

Di sisi lain, bahkan jika beberapa pemerintah daerah seperti prefektur Osaka dan Ibaraki tidak memiliki cluster, mereka meminta pemerintah pusat juga untuk memperpendek interval inokulasi untuk staf medis dan fasilitas bagi orang tua.

Dari jumlah tersebut, Setagaya-ku Tokyo, memiliki sekitar 1000 fasilitas untuk panti jompo dan perawatan jangka panjang, dan butuh waktu untuk berpatroli dan menyelesaikan inokulasi.

Ada kekhawatiran tentang penyebaran strain Omicron. Hal ini sedang didiskusikan di grup pecinta Jepang dapat bergabung dnegan kirim email ke: info@tribun.in

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas