Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Barbados Berubah Jadi Republik, Ini Negara yang Masih Akui Ratu Elizabeth sebagai Kepala Negara

Barbados yang kini menjadi negara republik telah mencopot Ratu Elizabeth sebagai kepala negara. Negara mana lagi yang masih akui ratu?

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Inza Maliana
zoom-in Barbados Berubah Jadi Republik, Ini Negara yang Masih Akui Ratu Elizabeth sebagai Kepala Negara
Jacob King / AFP / POOL
Kombinasi gambar file yang dibuat pada 21 Oktober 2021 menunjukkan Ratu Inggris Elizabeth II (kiri) menghadiri upacara pembukaan Senedd keenam, di Cardiff, Wales, pada 14 Oktober 2021; dan Dame Sandra Mason, gubernur jenderal Barbados, memegang medali Companion of the Order of St Michael and St George (CMG) yang diberikan pada upacara penobatan di Istana Buckingham di London pada 23 Maret 2018. 

TRIBUNNEWS.COM - Barbados merupakan negara Persemakmuran terkini yang mencopot Ratu Elizabeth II sebagai kepala negaranya.

Negara Karibia itu resmi menjadi republik pada hari Selasa (30/11/2021), setelah 40 tahun berada di bawah monarki Inggris.

Dilansir Independent, Ratu Elizabeth memberikan selamat sekaligus doa kepada republik baru Barbados.

Ia mengatakan dirinya mengantisipasi kelanjutan persahabatan antara kedua negara.

Dalam sebuah pesan untuk presiden baru Barbados, Dame Sandra Mason dan warganya, Ratu mengungkapkan:

"Pada kesempatan penting ini dan pengangkatan Anda sebagai presiden pertama Barbados, saya mengucapkan selamat kepada Anda dan semua orang Barbados."

Baca juga: Tak Lagi Jadi Kepala Negara, Ratu Elizabeth Beri Selamat pada Barbados yang Kini Jadi Republik

Baca juga: Copot Ratu Elizabeth dari Kepala Negara, Barbados Berdiri Sendiri Sebagai Republik

"Saya pertama kali mengunjungi negara Anda yang indah pada malam kemerdekaan pada awal 1966, dan saya sangat senang bahwa putra saya bersama Anda hari ini."

BERITA TERKAIT

"Sejak itu, orang-orang Barbados memiliki tempat khusus di hati saya; Barbados adalah negara yang berhak bangga dengan budayanya yang semarak, kecakapan olahraganya, dan keindahan alamnya, yang menarik pengunjung dari seluruh dunia, termasuk banyak orang dari Inggris."

"Saat Anda merayakan hari yang penting ini, saya mengirimi Anda dan semua orang Barbados harapan terhangat saya untuk kebahagiaan, kedamaian, dan kemakmuran di masa depan."

Kombinasi gambar file yang dibuat pada 21 Oktober 2021 menunjukkan Ratu Inggris Elizabeth II (kiri) menghadiri upacara pembukaan Senedd keenam, di Cardiff, Wales, pada 14 Oktober 2021; dan Dame Sandra Mason, gubernur jenderal Barbados, memegang medali Companion of the Order of St Michael and St George (CMG) yang diberikan pada upacara penobatan di Istana Buckingham di London pada 23 Maret 2018.
Kombinasi gambar file yang dibuat pada 21 Oktober 2021 menunjukkan Ratu Inggris Elizabeth II (kiri) menghadiri upacara pembukaan Senedd keenam, di Cardiff, Wales, pada 14 Oktober 2021; dan Dame Sandra Mason, gubernur jenderal Barbados, memegang medali Companion of the Order of St Michael and St George (CMG) yang diberikan pada upacara penobatan di Istana Buckingham di London pada 23 Maret 2018. (Jacob King / AFP / POOL)

Negara-negara Persemakmuran lainnya sebelumnya telah mengusulkan penggantian Ratu sebagai kepala negara dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Jamaika dan Australia.

Dari 32 negara yang dipimpinnya selama 69 tahun di atas takhta, 17 negara sekarang telah mencopotnya.

Tapi apa posisi Ratu saat ini di negara-negara yang tersisa, dan berapa banyak kekuatan yang dia miliki atas negara-negara itu?

Negara-negara yang Masih Mengakui Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Negara

Ratu menjadi kepala negara yang diakui untuk semua negara Persemakmuran dan memerintah mereka dengan cara yang sama seperti yang ia lakukan di Inggris.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas