Tribun

PROFIL dan Fakta-fakta Dame Sandra Mason, Presiden Pertama Barbados Pengganti Ratu Elizabeth

Dame Sandra Prunella Mason diangkat sebagai presiden pertama Barbados. Ini profil serta sepak terjangnya.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Wahyu Gilang Putranto
PROFIL dan Fakta-fakta Dame Sandra Mason, Presiden Pertama Barbados Pengganti Ratu Elizabeth
John Stillwell / POOL / AFP
Foto ini diambil pada 23 Maret 2018, memperlihatkan Dame Sandra Mason, gubernur jenderal Barbados, memegang medali Companion of the Order of St Michael dan St George (CMG) yang dipersembahkan pada upacara penobatan di Istana Buckingham di London. 

TRIBUNNEWS.COM - Pada Senin (29/11/2021) tengah malam, negara pulau Barbados secara resmi menjadi republik setelah beberapa dekade berada di bawah takhta Inggris.

Mantan Gubernur Jenderal Sandra Mason dilantik sebagai presiden negara itu sebelum fajar, Associated Press melaporkan.

Beberapa pemimpin, pejabat tinggi, dan seniman, termasuk Pangeran Charles dan Rihanna, menghadiri upacara yang dimulai Senin malam.

Kembang api dilepaskan pada tengah malam saat Barbados secara resmi menjadi negara republik.

Acara dimeriiahkan dengan penampilan orkestra dengan lebih dari 100 pemain drum serta banyak penyanyi, penyair, dan penari.

Peresmian itu juga disiarkan secara online.

Baca juga: Barbados Berubah Jadi Republik, Ini Negara yang Masih Akui Ratu Elizabeth sebagai Kepala Negara

Baca juga: Berita Foto : Lepas Dari Inggris, Barbados Jadi Negara Republik

Dame Sandra Mason (kedua dari kiri) disumpah oleh Hakim Agung Sir Patterson Cheltenham (kanan) sebagai putra dari Presiden terpilih Mr. Matthew Goodin (kiri) dan Sekretaris Pribadi Gubernur Jenderal Sandra Watkins membantu, selama upacara untuk mendeklarasikan Barbados sebagai Republik dan Pelantikan Presiden Barbados di Heroes Square, Bridgetown, Barbados, pada 29 November 2021.
Dame Sandra Mason (kedua dari kiri) disumpah oleh Hakim Agung Sir Patterson Cheltenham (kanan) sebagai putra dari Presiden terpilih Mr. Matthew Goodin (kiri) dan Sekretaris Pribadi Gubernur Jenderal Sandra Watkins membantu, selama upacara untuk mendeklarasikan Barbados sebagai Republik dan Pelantikan Presiden Barbados di Heroes Square, Bridgetown, Barbados, pada 29 November 2021. (RANDY BROOKS / AFP)

Dorongan Barbados untuk menjadi republik dimulai lebih dari dua dekade lalu dan memuncak saat Parlemen memilih presiden pertamanya bulan lalu dengan dua pertiga suara mayoritas.

Gubernur Jenderal Barbados Sandra Mason dilantik sebagai presiden sebelum fajar pada hari Selasa saat Barbados menandai ulang tahun ke-55 kemerdekaannya dari Inggris.

"Seperti yang diperingatkan oleh perdana menteri pertama kita, kita seharusnya tidak lagi ditemukan berkeliaran di tempat-tempat kolonial," katanya.

"Kita harus berusaha mendefinisikan kembali definisi kita tentang diri, negara, dan merek Barbados, di dunia yang lebih kompleks, retak, dan bergejolak."

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas