Tribun

Virus Corona

Sri Lanka Deteksi Kasus Pertama Varian Omicron

Jumat ini Sri Lanka telah mendeteksi kasus pertama varian baru virus corona atau Covid-19 Omicron di negaranya.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Sri Lanka Deteksi Kasus Pertama Varian Omicron
freepik
Ilustrasi Covid-19. Jumat ini Sri Lanka telah mendeteksi kasus pertama varian baru virus corona atau Covid-19 Omicron di negaranya. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, COLOMBO - Wakil Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Sri Lanka, Hemantha Herath mengatakan Jumat ini negaranya telah mendeteksi kasus pertama varian baru virus corona atau Covid-19 Omicron.

"Hari ini, kami telah menemukan satu orang yang terinfeksi Omicron dari laboratorium kami," kata Herath.

Dikutip dari laman The Indian Express, Jumat (3/12/2021), orang yang datang dari negara di benua Afrika itu saat ini sedang dikarantina bersama dengan anggota keluarganya.

Sebelumnya, pemerintah Sri Lanka pada 28 November lalu telah mengumumkan bahwa mereka yang datang dari Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho dan Eswatini diwajibkan menjalani karantina.

Herath menegaskan bahwa pendeteksian dan pengawasan lanjutan harus dilakukan oleh otoritas kesehatan negara itu, setelah peringatan tentang varian baru ini disampaikan kepada publik sejak pekan lalu.

Hingga Kamis kemarin, jumlah total kasus infeksi Covid-19 sejak Maret 2020 mencapai 5.65.471 dengan mencatat 14.399 kematian.

Baca juga: Cegah Varian Omicron Pemerintah Harus Siapkan Skenario Perluasan Testing dan Tracing

Sri Lanka telah mengakhiri penerapan sistem penguncian (lockdown) pada 1 Oktober lalu, yang berlangsung sejak pertengahan Agustus 2021.

Gelombang ketiga Covid-19 yang mematikan memang telah melanda negara itu pada pertengahan April lalu.

Varian omicron yang disebut pula sebagai B.1.1.529 dan berpotensi lebih mudah dan cepat menular dibandingkan varian sebelumnya ini, kali pertama diidentifikasi di Afrika Selatan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas