Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pil Covid-19 Buatan Pfizer Efektif Melawan Omicron dan Melindungi dari Keparahan

Obat Covid-19 dalam bentuk pil yang diproduksi Pfizer diklaim sangat efektif melindungi pasien dari penyakit parah akibat virus corona.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Pil Covid-19 Buatan Pfizer Efektif Melawan Omicron dan Melindungi dari Keparahan
courtesy Pfizer/AFP
Foto yang dirilis Pfizer pada Selasa (16/11/2021) menunjukkan produksi pil di laboratorium mereka di Jerman 

TRIBUNNEWS.COM - Obat Covid-19 dalam bentuk pil yang diproduksi Pfizer diklaim sangat efektif melindungi pasien dari penyakit parah akibat virus corona.

Dilansir The Guardian, pil antivirus eksperimental Paxlovid, kata Pfizer pada Selasa (14/12/2021), juga efektif melawan varian Omicron yang saat ini mulai menyebar di seluruh dunia. 

Dalam uji klinis, Paxlovid menunjukkan hampir 90% kemanjuran dalam mencegah rawat inap dan kematian pada pasien Covid-19 berisiko tinggi.

Dengan hasil pengujian ini, Pfizer meminta izin kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk menggunakan pil buatannya sebagai obat oral pertama untuk Covid-19.

Baca juga: Total Kematian Akibat Covid-19 di Amerika Serikat Melampaui 800 Ribu Sejak Awal Pandemi

Baca juga: Studi Menunjukkan Setelah Omicron Muncul, Suntikan Pfizer Kurang Efektif di Afrika Selatan

Seorang petugas kesehatan Israel memberikan dosis vaksin Pfizer/BioNTech Covid-19 kepada seorang anak berusia enam tahun di Layanan Kesehatan Clalit di Yerusalem pada 23 November 2021, saat Israel memulai kampanye vaksinasi virus corona untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun - Israel pada 14 November memberi lampu hijau untuk mulai memvaksinasi anak-anak berusia antara lima dan 11 tahun terhadap Covid-19 menggunakan tusukan Pfizer/BioNTech, mengikuti contoh Amerika Serikat. Itu adalah salah satu negara pertama yang meluncurkan kampanye vaksinasi tahun lalu menggunakan suntikan berkat kesepakatan dengan Pfizer yang memberinya akses ke jutaan dosis dengan imbalan data tentang kemanjuran vaksin. (Photo by MENAHEM KAHANA / AFP)
Seorang petugas kesehatan Israel memberikan dosis vaksin Pfizer/BioNTech Covid-19 kepada seorang anak berusia enam tahun di Layanan Kesehatan Clalit di Yerusalem pada 23 November 2021. (AFP/MENAHEM KAHANA)

Regulator di Inggris bulan lalu menyetujui pil Molnupiravir yang diproduksi oleh Merck/Ridgeback, untuk digunakan pada pasien lanjut usia dan berisiko.

Namun persetujuan obat ini terhenti di AS karena masalah keamanan.

Pfizer berharap pengumumannya ini dapat mempecepat persetujuan dari FDA, sehingga warga AS dapat mengakses pil Covid-19 ini pada awal tahun depan.

BERITA TERKAIT

"Kandidat antivirus oral kami, jika diizinkan atau disetujui, dapat memiliki dampak yang berarti pada kehidupan banyak orang, karena data lebih lanjut mendukung kemanjuran Paxlovid dalam mengurangi rawat inap dan kematian dan menunjukkan penurunan viral load yang substansial," kata Albert Bourla, kepala eksekutif Pfizer, dalam sebuah pernyataan.

"Perawatan potensial ini bisa menjadi alat penting untuk membantu memadamkan pandemi," lanjutnya.

Presiden AS, Joe Biden mengatakan telah memesan cukup banyak pil untuk mengobati 10 juta warga AS setelah ada data dari perusahaan yang meyakinkan.

"Mendapatkan vaksinasi dan mendapatkan suntikan booster tetap menjadi alat terpenting yang kita miliki untuk menyelamatkan nyawa."

"Tetapi jika perawatan ini benar-benar diizinkan – dan begitu pil tersedia secara luas – itu akan menandai langkah maju yang signifikan dalam jalan kita keluar dari pandemi," kata presiden AS dalam sebuah pernyataan.

Studi terbaru Pfizer adalah analisis terhadap 2.246 subjek tes berisiko tinggi yang tidak divaksinasi.

Tak satu pun dari mereka dalam uji coba yang diberikan Paxlovid meninggal, dibandingkan dengan 12 penerima plasebo.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas