Tribun

Virus Corona

Studi CDC Menunjukkan Masa Inkubasi Varian Omicron Hanya 3 Hari

Studi kecil dari CDC menunjukkan varian Omicron memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dari varian sebelumnya, yaitu hanya 3 hari.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Studi CDC Menunjukkan Masa Inkubasi Varian Omicron Hanya 3 Hari
Freepik
Ilustrasi varian Omicron. Studi kecil dari CDC menunjukkan varian Omicron memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dari varian sebelumnya, yaitu hanya 3 hari. 

TRIBUNNEWS.COM - Varian Omicron dari Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat sejak pertama kali ditemukan di Afrika bagian selatan November lalu, tetapi masih banyak yang belum diketahui tentang varian ini.

Lebih banyak data diperlukan untuk menentukan karakteristik yang tepat dan bagaimana varian ini merespons vaksin yang sudah ada.

Tetapi yang tampaknya tidak diragukan lagi adalah bahwa varian Omicron lebih mudah menular daripada varian sebelumnya seperti Alpha dan Delta.

Dilansir Independent, Omicron telah terdeteksi di setidaknya 89 negara.

Belanda, Jerman dan Korea Selatan bahkan memberlakukan kembali tindakan lockdown untuk memperlambat penyebarannya.

Satu hal yang menjadi jelas selama beberapa minggu terakhir adalah bagaimana varian Omicron berbeda dari strain Covid-19 asli.

Baca juga: Muncul Transmisi Lokal Omicron, Wapres Imbau WNI Tak ke Luar Negeri hingga Rencana Micro Lockdown

Baca juga: Detik-detik Pria Terpapar Varian Omicron Dijemput, Dievakuasi Lewat Lift Barang dari Apartemen ke RS

Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron.
Ilustrasi Covid-19 Varian Omicron. (KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo)

Pada awal pandemi, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan bahwa butuh waktu dua hari hingga 2 minggu bagi seseorang untuk menunjukkan gejala sejak pertama kali terpapar virus.

Tetapi, varian Omicron diperkirakan berinkubasi lebih cepat, sekitar tiga hingga lima hari.

"Analisis terbaru dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris menunjukkan bahwa rentang waktu antara infeksi dan penularan mungkin lebih pendek untuk varian Omicron daripada varian Delta," kata sekretaris kesehatan Inggris Sajid Javid kepada anggota parlemen pada 6 Desember lalu.

Pernyataan tersebut diperkuat oleh hasil studi CDC yang dirilis Selasa (28/12/2021).

Dilansir New York Times, studi tersebut menunjukkan bahwa varian Omicron mungkin memiliki masa inkubasi yang lebih pendek daripada varian sebelumnya, sekitar 72 jam.

Mungkin diperlukan waktu hanya tiga hari bagi orang untuk mengembangkan gejala, yang kemudian menjadi menular dan tes positif, dibandingkan dengan 4-6 hari infeksi Delta dan yang disebabkan oleh virus corona asli, ungkap para ilmuwan.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas