Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Molnupiravir Obat Covid-19 Pertama yang Dikirim ke Institusi Medis dan Apotek di Jepang

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang telah mengirimkan Molnupiravir ke institusi medis dan apotek di seluruh wilayah.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Molnupiravir Obat Covid-19 Pertama yang Dikirim ke Institusi Medis dan Apotek di Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Lagevrio, obat antivirus oral yang mengurangi kemampuan SARS-CoV-2 (virus penyebab COVID-19) untuk berkembang biak di dalam tubuh. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang telah mengirimkan obat Molnupiravir ke institusi medis dan apotek di seluruh tempat di Jepang mulai tanggal 27 Desember 2021.

Molnupiravir, yang dikembangkan oleh raksasa farmasi Amerika Merck, adalah obat pertama untuk mencegah bertambah parahnya virus corona dan telah disetujui untuk digunakan di Jepang pada tanggal 24 Desember 2021.




Dari jumlah tersebut, tiga kotak obat tiba di apotek di Kota Nishitokyo, Tokyo sekitar tengah hari pada tanggal 27 Desember.

Obat ini ditujukan untuk pasien berusia 18 tahun atau lebih yang berisiko menjadi lebih parah di antara pasien yang sakit ringan hingga sedang dalam 5 hari (minum 4 tablet sekaligus, dua kali sehari selama 5 hari).

Ada 40 tablet dalam satu kotak, dan satu kotak cukup untuk satu orang.

Dimungkinkan juga untuk menerima obat di rumah atau di fasilitas medis, institusi medis mengirimkan resep ke apotek terdekat pasien melalui faks.

Baca juga: Menkes Budi Gunadi: Obat Antivirus Molnupiravir Mulai Dipakai 2022

BERITA TERKAIT

Kemudian apoteker di apotek mengajari pasien cara meminumnya melalui telepon atau online, dan kemudian mengirimkannya.

"Saya pikir ada satu obat lagi yang dapat membuat masyarakat merasa nyaman. Karena ini adalah obat yang baru saja disetujui, ada kemungkinan gejala selain efek samping yang diharapkan sebelumnya dapat terjadi. Jika kondisi Anda memburuk, atau jika Anda mengalami mual atau ruam, ingin bekerjasama dengan institusi medis, maka mengambil tindakan segera dengan minum obat tersebut," ungkap Masakazu Miyagawa, Direktur Eco-pharmacy.

Tindak lanjut rutin setelah resep Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, maka sejak 24 Desember lalu pihak kementerian telah memberi tahu institusi medis tentang "Mornupiravir" untuk menindaklanjuti secara teratur setelah resep.

Pemberitahuan tersebut juga mengharuskan perusahaan obat untuk menyelidiki semua pasien yang memakainya untuk efek samping dan melaporkan hasilnya.

Pemerintah seharusnya memberikan obat-obatan gratis kepada institusi medis dan apotek yang ditunjuk oleh prefektur yang dapat menanganinya.

Menurut Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan, obat-obatan tersebut telah dikirim ke Prefektur Tokyo dan Osaka dan diresepkan mulai tanggal 27 Desember 2021.

Baca juga: Molnupiravir Kemungkinan Akan Dipakai di Jepang untuk Mengobati Corona

Pada pertemuan ahli Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan yang diadakan pada tanggal 24 Desember, beberapa anggota komite menunjukkan bahwa data tentang kemanjuran dan keamanan terbatas, dan ada suara yang mempertanyakan efeknya pada galur Omicron.

Pasien yang dapat diresepkan dalam notifikasi (sangat hati-hati) kepada mereka yang berisiko mengalami infeksi semakin berat, dan memiliki kanker, penyakit ginjal kronis, obesitas, diabetes, down syndrome, penyakit jantung berat seperti gagal jantung, dan penyakit hati berat seperti sirosis.

Obat lain yang juga dalam penyelidikan pihak Kementerian Kesehatan Jepang adalah Lagevrio sebagai obat antivirus oral yang mengurangi kemampuan SARS-CoV-2 (virus penyebab COVID-19) untuk berkembang biak (melemahkan virus) di dalam tubuh.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas