Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kerusuhan Kazakhstan: Lebih dari 160 Orang Tewas dan 5.000 Demonstran Ditangkap

Kenaikan harga bahan bakar memicu kerusuhan di Kazakhstan. Lebih dari 160 orang tewas dan 5.000 demonstran ditangkap.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Nuryanti
zoom-in Kerusuhan Kazakhstan: Lebih dari 160 Orang Tewas dan 5.000 Demonstran Ditangkap
AFP/ALEXANDER PLATONOV
Pengambilan bingkai yang diambil pada 6 Januari 2022 dari video AFPTV yang dibuat pada 5 Januari 2022, menunjukkan pengunjuk rasa bentrok dengan pasukan keamanan Kazakstan selama demonstrasi di kota terbesar negara Almaty. - Lebih dari 160 orang tewas dan 5.000 demonstran ditangkap dalam kerusuhan Kazakhstan. 

TRIBUNNEWS.COM - Kenaikan harga bahan bakar memicu kerusuhan daerah hingga kota-kota besar di Kazakhstan.

Lebih dari 160 orang tewas dan 5.000 demonstran ditangkap di Kazakhstan setelah kerusuhan yang mengguncang negara terbesar di Asia Tengah itu selama sepekan terakhir.

Kementerian dalam negeri, yang dikutip pada Minggu (9/1/2022) oleh media lokal, mengatakan perkiraan awal menyebutkan kerusakan properti sekitar 175 juta euro setelah kekerasan mematikan itu, seperti dilaporkan oleh Al Jazeera.

Lebih dari 100 bisnis dan bank diserang dan dijarah.

Sementara itu, sekitar 400 kendaraan dihancurkan.

Baca juga: Berita Foto : Kondisi Kazakhstan Usai Kerusuhan Berdarah

Baca juga: Kazakhstan Menahan Mantan Kepala Keamanan Nasional atas Dugaan Makar

Menurut kantor berita Rusia Sputnik mengutip kementerian kesehatan, sebanyak 164 orang, termasuk dua anak tewas dalam kekerasan.

Dikatakan, 103 orang tewas di kota utama Kazakhstan, Almaty, di mana kekerasan terburuk terjadi.

BERITA TERKAIT

"Hari ini situasinya stabil di semua wilayah negara itu," kata Menteri Dalam Negeri Erlan Turgumbayev.

"Operasi kontrateror terus berlanjut dalam upaya untuk menegakkan kembali ketertiban di negara itu," tambahnya.

Robin Forestier-Walker dari Al Jazeera, melaporkan dari ibukota Georgia, Tbilisi, mengatakan jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat.

“Kami menunggu jumlah korban meningkat berdasarkan skala pertempuran, kekerasan, dan penembakan, tembakan senapan mesin berat dan ledakan yang berlangsung berjam-jam selama 5 dan 6 Januari,” katanya.

Para pengunjuk rasa berbaris selama demonstrasi setelah kenaikan harga energi di Almaty pada 5 Januari 2022. - Para pengunjuk rasa menyerbu kantor walikota di kota terbesar di Kazakhstan Almaty pada hari Rabu ketika kerusuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara Asia Tengah itu lepas kendali. Dipicu oleh kenaikan harga energi Tahun Baru, protes melanda Kazakhstan dalam tantangan langka terhadap pemerintah otoriter bekas negara Soviet itu. (Photo by Abduaziz MADYAROV / AFP)
Para pengunjuk rasa berbaris selama demonstrasi setelah kenaikan harga energi di Almaty pada 5 Januari 2022. - Para pengunjuk rasa menyerbu kantor walikota di kota terbesar di Kazakhstan Almaty pada hari Rabu ketika kerusuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya di negara Asia Tengah itu lepas kendali. Dipicu oleh kenaikan harga energi Tahun Baru, protes melanda Kazakhstan dalam tantangan langka terhadap pemerintah otoriter bekas negara Soviet itu. (Photo by Abduaziz MADYAROV / AFP) (AFP/ABDUAZIZ MADYAROV)

Ketenangan yang relatif tampak kembali ke kota utama Kazakhstan, Almaty, dengan polisi terkadang melepaskan tembakan ke udara untuk menghentikan orang-orang yang mendekati alun-alun pusatnya.

Kata kementerian dalam negeri, secara total, 5.135 orang telah ditahan untuk diinterogasi sebagai bagian dari 125 penyelidikan terpisah atas kerusuhan tersebut.

Kebijakan Tembak-menembak

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas