Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Olimpiade Musim Dingin, Beijing Laporkan Kasus Pertama Varian Omicron

Beijing laporkan temuan kasus pertama varian Omicron, beberapa minggu menjelang Olimpiade Musim Dingin.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Nuryanti
zoom-in Jelang Olimpiade Musim Dingin, Beijing Laporkan Kasus Pertama Varian Omicron
NOEL CELIS / AFP
Foto diambil pada 01 Desember 2021, memperlihatkan orang-orang berjalan melewati logo Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Taman Shougang di Beijing. - Menjelang Olimpiade Musim Dingin, Beijing deteksi kasus pertama dari varian Omicron. 

TRIBUNNEWS.COM - Beberapa minggu sebelum menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin, Beijing melaporkan temuan varian Omicron.

Kasus Omicron yang ditularkan secara lokal pertama telah terdeteksi di ibu kota China, Beijing.

Televisi pemerintah melaporkan pada Sabtu (15/1/2022), infeksi Covid-19 yang baru diidentifikasi adalah jenis Omicron.

Diberitakan Al Jazeera, Pang Xinghuo, seorang pejabat di otoritas pengendalian penyakit kota, mengatakan pada konferensi pers bahwa pengujian laboratorium menemukan mutasi khusus untuk varian Omicron pada orang tersebut.

Pengumuman itu muncul sehari setelah kota selatan Zhuhai memberlakukan pembatasan perjalanan pada penduduk ketika uji coba massal menemukan tujuh infeksi.

Baca juga: Surati China, Korea Utara Sindir AS dan Izin Tak Hadiri Olimpiade Beijing 2022

Baca juga: AS Tuduh China Sedang Memperluas Persenjataan Nuklir dengan Cepat, Pejabat Senior Beijing Membantah

Jutaan orang di seluruh negeri telah diperintahkan untuk tinggal di rumah dalam beberapa pekan terakhir.

Sementara itu, sejumlah penerbangan domestik dibatalkan dan pabrik-pabrik ditutup, ketika negara itu berupaya mengendalikan serentetan wabah kecil virus corona, termasuk beberapa dari varian Omicron, menjelang Olimpiade, yang akan dimulai pada 4 Februari mendatang.

BERITA TERKAIT

Meskipun tindakan pembatasan seperti itu, Jules Boykoff, profesor dan ketua di departemen politik dan pemerintahan di Universitas Pasifik, memperingatkan bahwa akan sulit untuk menahan penyebaran Omicron di kalangan atlet.

“Penguncian mungkin akan membantu menahan (penyebaran virus) hingga tingkat tertentu, tetapi kami melihat tindakan serupa di sekitar Olimpiade Tokyo yang baru saja terjadi beberapa bulan yang lalu dan tetap saja, bahkan dengan itu, lebih dari 800 kasus muncul di dalamnya, yang disebut gelembung Olimpiade,” kata Boykoff.

“Jadi karena transmisibilitas (Omicron) kami memiliki masalah serius di tangan kami terkait Olimpiade Beijing,” tambahnya.

Pejabat kota mengatakan, satu kasus Omicron yang ditransmisikan secara lokal ditemukan di distrik Haidian di ibu kota, rumah bagi banyak kantor pusat perusahaan teknologi.

Pihak berwenang sedang menguji penghuni lain dari kompleks perumahan dan gedung perkantoran pasien, dan telah membatasi akses ke 17 lokasi yang terkait dengan orang yang terinfeksi.

Penjaga keamanan berjaga saat para pekerja mengisi bahan bakar api Olimpiade di Menara Olimpiade di Beijing. Senin (3/1/2022), sebulan sebelum pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2022 pada 4 Februari 2022 mendatang. (GREG BAKER / AFP)
Penjaga keamanan berjaga saat para pekerja mengisi bahan bakar api Olimpiade di Menara Olimpiade di Beijing. Senin (3/1/2022), sebulan sebelum pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2022 pada 4 Februari 2022 mendatang. (GREG BAKER / AFP) (AFP/GREG BAKER)

Beijing telah lama melarang orang-orang dari bagian negara yang telah melaporkan kasus, sementara mengharuskan semua kedatangan untuk memberikan laporan tes Covid-19 baru-baru ini.

Warga juga telah didesak dalam beberapa pekan terakhir untuk tidak meninggalkan kota untuk liburan festival musim semi mendatang.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas