Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Inggris Akan Mulai Uji Pil Covid-19 Merck untuk Pasien yang Dirawat di Rumah Sakit

Ilmuwan Inggris akan mulai pengujian pil antivirus Merck dan Ridgeback Biotherapeutics 'Molnupiravir'.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Inggris Akan Mulai Uji Pil Covid-19 Merck untuk Pasien yang Dirawat di Rumah Sakit
Handout / Merck & Co,Inc. / AFP
Foto selebaran ini diperoleh 26 Mei 2021, atas izin perusahaan Farmasi Merck, menunjukkan kapsul obat antivirus eksperimental Molnupiravir. Merck mengatakan pada 1 Oktober 2021, pihaknya akan meminta otorisasi di AS untuk molnupiravir untuk Covid-19, setelah pil tersebut menunjukkan "hasil yang meyakinkan" dalam uji klinis. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Ilmuwan Inggris akan mulai menguji pil antivirus Merck dan Ridgeback Biotherapeutics 'Molnupiravir' sebagai pengobatan yang memungkinkan untuk pasien virus corona (Covid-19) yang dirawat di rumah sakit, di tengah penyebaran varian Omicron di seluruh dunia.

Pil tersebut disetujui penggunaannya di Inggris untuk orang yang terinfeksi Covid-19 bergejala ringan hingga sedang.




"Namun tidak diketahui apakah itu akan efektif digunakan pada pasien yang dirawat di rumah sakit dengan kondisi penyakit parah," kata para peneliti dari uji coba RECOVERY, Senin (24/1/2022) waktu setempat.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (24/1/2022), penelitian ini akan membandingkan dosis 800 mg Molnupiravir yang diberikan dua kali sehari selama 5 hari berturut-turut, dengan perawatan standar untuk pasien Covid-19 kategori dewasa yang dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Kimia Farma Kantongi Sub-Lisensi Obat Molnupiravir

Baca juga: Jerman Sumbang Lagi Alat Medis dan Lebih 9 Juta Dosis Vaksin Covid

Sebelumnya pada 2020, ilmuwan yang sama yang melakukan uji coba besar menunjukkan bahwa Deksametason mampu menyelamatkan nyawa pasien Covid-19 dalam apa yang disebut sebagai 'terobosan besar selama pandemi Covid-19'.

"Menambahkan Molnupiravir (ke dalam penelitian) akan memungkinkan kami untuk tidak hanya mempelajari obat ini saja, namun juga dalam kombinasi dengan perawatan Covid-19 lainnya," kata Kepala Penyelidik bersama untuk percobaan dan Profesor Universitas Oxford, Peter Horby.

BERITA TERKAIT

Perawatan yang telah atau sedang diuji dalam uji coba RECOVERY ini termasuk di antaranya obat radang sendi Tocilizumab, steroid Deksametason, antibiotik umum Azitromisin, aspirin penghilang rasa sakit, dan perawatan antibodi dari Regeneron dan GSK-Vir.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas