Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pantau Pergerakan Militer Rusia di Perbatasan Ukraina, AS Siap Kerahkan 8.500 Tentara

Saat ini, Amerika Serikat tengah mempertimbangkan untuk mengirimkan tentaranya di sekitar Ukraina terkait isu invansi Rusia.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Pantau Pergerakan Militer Rusia di Perbatasan Ukraina, AS Siap Kerahkan 8.500 Tentara
AFP
Seorang wanita berjalan melewati patung Lenin di Donetsk, ibu kota negara bagian Republik Rakyat Donetsk (PDR) di Ukraina timur, pada Selasa (18/1/2022). AS mengatakan Rusia siap menyerang Ukraina kapan saja. 

TRIBUNNEWS.COM, KIEV - Amerika Serikat tengah mempertimbangkan untuk mengirimkan tentaranya untuk membantu NATO di sekitar Ukraina, ungkap pejabat senior pemerintah, seperti dilansir NBC News.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin telah memerintahkan 8.500 tentara untuk "siaga tinggi", bersiap untuk kemungkinan membantu pertahanan sekutu NATO, kata juru bicara Pentagon John Kirby dalam jumpa pers Senin (24/1/2022).

"Saya ingin menegaskan bahwa sampai sekarang, keputusan hanya dibuat untuk menempatkan unit-unit ini pada siaga yang lebih tinggi dan kewaspadaan yang lebih tinggi," kata Kirby.

"Belum ada keputusan yang dibuat untuk mengerahkan pasukan dari Amerika Serikat saat ini."

Baca juga: Tenangkan Publik, Ukraina Sebut Invasi Rusia Tak akan Segera Terjadi

Baca juga: Investor Mulai Khawatir dengan Isu Ancaman Invasi Rusia ke Ukraina

Sementara itu, Moskow telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di perbatasan tetangganya.

Meski tidak ada aksi diplomatik yang terlihat, Barat meningkatkan kewaspadaannya di tengah kekhawatiran bahwa invasi akan segera terjadi.

Pembicaraan sedang berlangsung dengan negara-negara NATO untuk mencegah agresi Presiden Rusia Vladimir Putin, kata pejabat itu.

Seorang prajurit Pasukan Militer Ukraina berjalan di garis depan dengan separatis yang didukung Rusia tidak jauh dari Avdiivka, di wilayah Donetsk, Ukraina tenggara pada 10 Januari 2022.(Photo by Anatolii STEPANOV / AFP)
Seorang prajurit Pasukan Militer Ukraina berjalan di garis depan dengan separatis yang didukung Rusia tidak jauh dari Avdiivka, di wilayah Donetsk, Ukraina tenggara pada 10 Januari 2022.(Photo by Anatolii STEPANOV / AFP) (AFP/ANATOLII STEPANOV)
BERITA TERKAIT

NATO mengatakan pada hari Senin bahwa mereka mengirim kapal dan jet tempur ke Eropa Timur.

Washington juga telah menjelaskan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan kehadiran militernya di bagian timur Aliansi.

Presiden Joe Biden berpartisipasi dalam konferensi video sekitar 90 menit dengan para pemimpin Eropa Senin sore untuk membahas pembangunan militer Rusia di perbatasan Ukraina, kata Gedung Putih.

Baca juga: Eropa-AS: Rusia Hadapi Konsekuensi Berat Jika Invasi Ukraina

Baca juga: Amerika Serikat Siagakan 8.500 Tentara, akan Dikerahkan ke Sekitar Ukraina Bila Perlu

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Presiden Polandia Andrzej Duda, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Italia Mario Draghi dan para pemimpin lainnya berpartisipasi dalam video conference tersebut.

Setelah rapat tersebut, Biden mengatakan kepada wartawan bahwa pertemuan itu adalah pertemuan yang sangat, sangat, sangat baik.

Ia menambahkan bahwa suara bulat dengan semua pemimpin Eropa tercapai.

Presiden mengatakan dia akan mengatakan lebih banyak tentang masalah ini nanti.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas