Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebagai Dukungan Darurat, UNICEF akan Bayar Tunjangan Guru Afghanistan

UNICEF memberikan dukungan tunai darurat kepada guru di Afghanistan untuk Januari dan Februari. Tunjangan diberikan kepada sekitar 194.000 guru.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Sebagai Dukungan Darurat, UNICEF akan Bayar Tunjangan Guru Afghanistan
AFP/HECTOR RETAMAL
Gambar yang diambil pada 28 November 2021 ini menunjukkan Hamida Aman (kiri), pendiri Radio Begum, berbicara dengan para siswa sebelum dimulainya kelas di dalam sebuah ruangan di stasiun radio di Kabul. - UNICEF akan beri tunjangan untuk guru Afghanistan. 

TRIBUNNEWS.COM - Guru di Afghanistan belum mendapatkan gaji mereka selama berbulan-bulan karena krisis ekonomi yang sangat besar.

Sebagai bagian dari upaya untuk memastikan semua anak perempuan dan laki-laki di Afghanistan dapat sekolah dan belajar, UNICEF memberikan dukungan tunai darurat kepada semua guru pendidikan umum untuk bulan Januari dan Februari.

Mengutip laman resmi UNICEF, tunjangan yang didanai Uni Eropa berjumlah setara dengan $100 per bulan.

Tunjangan diberikan kepada sekitar 194.000 guru sekolah negeri di seluruh negeri.

Bantuan ini dilakukan sebagai pengakuan atas peran penting UNICEF dalam pendidikan jutaan anak di Afghanistan.

Baca juga: Taliban Ancam akan Ubah Kebijakan jika AS Tak Bebaskan Aset Afghanistan

Baca juga: Universitas Dibuka Lagi, Mahasiswi Diizinkan ke Kampus Pertama Kali Sejak Taliban Kuasai Afghanistan

Para guru termasuk semua dari sekolah dasar dan menengah negeri, Institusi Teknik & Kejuruan dan Pusat Pelatihan Guru akan menerima uang tunjangan ini.

“Setelah berbulan-bulan ketidakpastian dan kesulitan bagi banyak guru, kami dengan senang hati memberikan dukungan darurat kepada guru sekolah umum di Afghanistan yang telah berusaha keras untuk membuat anak-anak tetap belajar,” kata Dr. Mohamed Ayoya, Perwakilan UNICEF Afghanistan.

BERITA TERKAIT

“UNICEF membutuhkan tambahan USD 250 juta untuk dapat terus mendukung guru sekolah negeri dan meminta donor untuk membantu kami mendanai inisiatif penting ini."

Upaya tunjangan UNICEF untuk memperkuat sistem pendidikan yang lebih luas di Afghanistan termasuk dukungan untuk pendidikan berbasis masyarakat, distribusi bahan pengajaran dan pembelajaran dan pelatihan guru, khususnya guru perempuan.

Sekitar 8,8 juta anak terdaftar di sekolah umum di Afghanistan.

Anak perempuan di Afghanistan saat belajar di kelas.
Anak perempuan di Afghanistan saat belajar di kelas. (AFP)

UNICEF terus mengadvokasi, di semua tingkatan, agar semua anak perempuan dan laki-laki dapat kembali ke sekolah setelah liburan musim dingin saat ini.

Sekolah lebih dari sekadar struktur tempat anak-anak belajar; mereka adalah ruang aman yang melindungi anak-anak dari bahaya fisik di sekitar mereka, termasuk pelecehan dan eksploitasi.

Sekolah juga dapat menawarkan dukungan psikososial yang sangat dibutuhkan bagi siswa.

Mengutip Al Jazeera, Afghanistan berada dalam krisis ekonomi sejak Taliban mengambil alih Agustus lalu ketika pasukan asing menarik diri. 

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas