Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Taliban akan Bentuk Tentara Besar untuk Afghanistan, Mencakup Perwira Rezim Lama

Taliban sedang membentuk tentara besar untuk Afghanistan yang akan mencakup perwira dan tentara yang melayani rezim lama.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Nuryanti
zoom-in Taliban akan Bentuk Tentara Besar untuk Afghanistan, Mencakup Perwira Rezim Lama
AFP/WAKIL KOHSAR
Anggota unit militer Taliban Badri 313 mengenakan seragam militer AS, tiba di bandara di Kabul, Selasa (31 Agustus 2021). - Taliban akan membentuk tentara besar untuk Afghanistan, mencakup perwira yang melayani rezim lama. 

TRIBUNNEWS.COM - Taliban sedang menciptakan tentara besar untuk Afghanistan yang akan mencakup perwira dan tentara rezim lama.

Latifullah Hakimi, kepala Komisi Pembebasan Pangkat Taliban, mengatakan pada konferensi pers pada Senin (21/2/2022) bahwa mereka telah memperbaiki setengah dari 81 helikopter dan pesawat yang diduga tidak dapat digunakan oleh pasukan pimpinan Amerika Serikat selama penarikan tahun lalu.

Mengutip Al Jazeera, Hakimi mengatakan pasukan Taliban menguasai lebih dari 300.000 senjata ringan, 26.000 senjata berat dan sekitar 61.000 kendaraan militer selama mereka mengambil alih negara itu.

Angkatan bersenjata Afghanistan hancur dalam menghadapi serangan Taliban menjelang 31 Agustus 2021 saat penarikan pasukan pimpinan AS.

Mereka sering meninggalkan pangkalan dan meninggalkan semua senjata dan kendaraan.

Baca juga: Taliban Peringatkan Biden Batalkan Rencana Soal Aset Afganistan

Baca juga: Sebagai Dukungan Darurat, UNICEF akan Bayar Tunjangan Guru Afghanistan

Taliban telah menjanjikan amnesti umum untuk semua orang yang terkait dengan rezim lama, tetapi hampir semua pejabat senior pemerintah dan militer termasuk di antara lebih dari 120.000 orang yang dievakuasi melalui udara pada hari-hari terakhir.

Banyak dari pangkat dan arsip tetap, kembali ke kehidupan sipil karena takut akan pembalasan.

BERITA TERKAIT

PBB mengatakan pada Januari bahwa lebih dari 100 orang yang terkait dengan angkatan bersenjata lama telah tewas sejak Agustus tahun lalu.

Unit pasukan khusus pejuang Taliban Fateh (kiri), berjaga bersama dengan pejuang lainnya di sebuah jalan di Kabul pada 29 Agustus 2021, saat ancaman bom bunuh diri menggantung di fase terakhir operasi pengangkutan udara militer AS dari Kabul, dengan Presiden Joe Biden memperingatkan serangan lain sangat mungkin terjadi sebelum evakuasi berakhir. AFP/Aamir QURESHI
Unit pasukan khusus pejuang Taliban Fateh (kiri), berjaga bersama dengan pejuang lainnya di sebuah jalan di Kabul pada 29 Agustus 2021, saat ancaman bom bunuh diri menggantung di fase terakhir operasi pengangkutan udara militer AS dari Kabul, dengan Presiden Joe Biden memperingatkan serangan lain sangat mungkin terjadi sebelum evakuasi berakhir. AFP/Aamir QURESHI (AFP/AAMIR QURESHI)

Hakimi bersikeras bahwa amnesti Taliban telah bekerja dengan baik.

“Jika (amnesti) tidak dikeluarkan, kita akan mengalami situasi yang sangat buruk,” katanya.

“Para pelaku bom bunuh diri yang mengejar seseorang untuk menargetkannya sekarang menjadi pelaku bom bunuh diri yang sama yang melindunginya,” tambahnya.

Ada sedikit bukti bahwa Taliban telah merekrut mantan tentara ke dalam barisan mereka.

Tetapi, mereka telah menunjuk dua mantan perwira senior Tentara Nasional Afghanistan untuk menduduki posisi teratas di kementerian pertahanan.

Keduanya adalah ahli bedah spesialis yang bekerja di rumah sakit militer utama negara itu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas