Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Konflik Rusia-Ukraina Bisa Picu Masalah Ekonomi hingga Krisis Minyak Bagi Negara Lain dan Indonesia

Analis Politik Internasional, Drs Ign Agung Setiawan SE S.IKom MSi PhD mengatakan konflik Rusia-Ukraina bisa berdampak pada permasalahan ekonomi.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Konflik Rusia-Ukraina Bisa Picu Masalah Ekonomi hingga Krisis Minyak Bagi Negara Lain dan Indonesia
AFP/DANIEL LEAL
Seorang pria membersihkan puing-puing di sebuah bangunan tempat tinggal yang rusak di Koshytsa Street, pinggiran ibukota Ukraina Kyiv, di mana sebuah peluru militer diduga menghantam, pada 25 Februari 2022. - Pasukan Rusia mencapai pinggiran Kyiv pada hari Jumat seperti yang dikatakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pasukan penyerang menargetkan warga sipil dan ledakan terdengar di ibu kota yang terkepung. Ledakan sebelum fajar di Kyiv memicu hari kedua kekerasan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin menentang peringatan Barat untuk melancarkan invasi darat skala penuh dan serangan udara pada Kamis yang dengan cepat merenggut puluhan nyawa dan membuat sedikitnya 100.000 orang mengungsi. (Photo by Daniel LEAL / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Analis Politik Internasional, Drs Ign Agung Setiawan SE S.IKom MSi PhD mengatakan konflik antara Rusia dan Ukraina bisa berdampak pada permasalahan ekonomi yang cukup besar.

Pasalnya Rusia dikenal sebagai negara pengeskpor minyak bagi negara-negara di Eropa dan negara lainnya.

Sehingga kemungkinan bisa menyebabkan kelangkaan BBM sebagai salah satu konsekuensi dari perang militer Rusia dan Ukraina.

"Yang ada di depan kita, akan ada permasalahan ekonomi yang cukup besar. Karena kita tahu Rusia ini kan pengeskpor minyak untuk negara-negara Eropa dan juga negara lainnya."

"Mungkin ini akan menimbulkan kelangkaan BBM atau mungkin kelangkaan macam-macam yang ini menjadi suatu konsekuensi dari peperangan militer yang kemudian berkembang kemana-mana. Jadi perang militer ini akan merambat ke bidang-bidang lainnya," kata Agung saat dihubungi Tribunnews, Minggu (27/2/2022).

Baca juga: Menteri Luar Negeri Ukraina: Amerika Serikat Tawarkan Bantuan untuk Lawan Rusia

Lebih lanjut Agung menilai meski terjadinya konflik Rusia-Ukraina ini jauh dari Indonesia, tapi Indonesia tetap akan terkena dampaknya.

Karena sekarang ini dunia semakin mengglobal, saling ketergantungan antara negara satu dengan yang lain, serta ketergantungan antara komoditi yang satu dengan yang lain.

BERITA TERKAIT

"Ini terjadi di Eropa sana, tetapi kan sekarang dunia ini kan menjadi semakin mengglobal, dalam arti jadi kesaling ketergantungan, antara satu dengan yang lain, antara negara yang satu dengan yang lain, komoditi yang satu dengan komoditi yang lain," terang Agung yang merupakan Kaprodi Hubungan Internasional FISIP UNS ini.

Sehingga menurut Agung, peristiwa ekonomi, peristiwa politik di negara lain baik besar maupun kecil, akan tetap berdampak bagi Indonesia.

Baca juga: Dialog Ukraina-Rusia Lanjut ke Putaran Kedua, Ukraina Minta Rusia Mundur

Salah satu dampak yang akan dirasakan Indonesia adalah kemungkinan adanya krisis minyak.

Karena Indonesia juga termasuk negara importir minyak dan gas.

Oleh karena itu Agung berpendapat bahwa Indonesia mau tidak mau harus mengambil peran dalam mengatasi konflik Rusia-Ukraina ini.

"Peristiwa ekonomi, peristiwa potilik yang ada di negara lain itu pasti nanti besar atau kecil pasti akan berdampak pada kita. Tadi sudah saya katakan ketika terjadi krisis minyak, ya kita akan kena."

"Karena Indonesia kan importir minyak dan gas. Sehingga mau tidak mau Indonesia harus mengambil peran dalam mengatasi krisis ini," pungkasnya.

Baca juga: Salahkan Ukraina, Rusia Membela Diri dalam Pertemuan Darurat PBB

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas