Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

UPDATE Invasi Rusia ke Ukraina, Lebih dari 20 Orang Terluka dalam Serangan di Kharkiv

Ledakan yang menghantam kota terbesar kedua di Ukraina itu merusak gedung administrasi dan bangunan yang ada di dekatnya, 20 orang terluka

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in UPDATE Invasi Rusia ke Ukraina, Lebih dari 20 Orang Terluka dalam Serangan di Kharkiv
Sergey BOBOK / AFP
Pemandangan kantor pusat pemerintahan Kharkiv yang rusak akibat penembakan di Kharkiv pada 1 Maret 2022. Alun-alun pusat kota kedua Ukraina, Kharkiv, ditembaki oleh pasukan Rusia -- menghantam gedung pemerintahan lokal -- kata gubernur Oleg Sinegubov. 

TRIBUNNEWS.COM - Layanan Darurat Negara Pemerintah Ukraina menerangkan dalam video yang diunggah di akun Facebook resminya bahwa lebih dari 20 orang terluka dalam serangan di Kota Kharkiv, Selasa (1/3/2022).

Dikutip dari CNN, ledakan yang menghantam kota terbesar kedua di Ukraina itu merusak gedung administrasi dan bangunan yang ada di dekatnya.

"Akibat tembakan artileri, orang-orang terperangkap di bawah reruntuhan," kata seorang anggota militer dalam sebuah video.

"Kepala tim penyelamat melaporkan lebih dari 20 orang terluka," terangnya.

Baca juga: UPDATE Volodymyr Zelensky Tegaskan Lindungi Ukraina adalah Prioritas Utama

Baca juga: Netflix Tidak akan Tayangkan Siaran Pemerintah Rusia

Pemandangan kantor pusat pemerintahan Kharkiv yang rusak akibat penembakan di Kharkiv pada 1 Maret 2022. Alun-alun pusat kota kedua Ukraina, Kharkiv, ditembaki oleh pasukan Rusia -- menghantam gedung pemerintahan lokal -- kata gubernur Oleg Sinegubov.
Pemandangan kantor pusat pemerintahan Kharkiv yang rusak akibat penembakan di Kharkiv pada 1 Maret 2022. Alun-alun pusat kota kedua Ukraina, Kharkiv, ditembaki oleh pasukan Rusia -- menghantam gedung pemerintahan lokal -- kata gubernur Oleg Sinegubov. (Sergey BOBOK / AFP)

Diketahui, ada delapan tim penyelamat darurat di lokasi kejadian, 80 staf dan sukarelawan membantu memiliah puing-puing, menyeretnya untuk menemukan korban terluka maupun yang tewas.

"Pekerjaan masih berlangsung," kata anggota militer itu dalam video.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menghadiri pertemuan dengan Perdana Menteri Inggris selama Konferensi Keamanan Munich di Munich, Jerman selatan, pada 19 Februari 2022. Selama Konferensi Keamanan Munich ke-58 yang berlangsung dari 18-20 Februari 2022, para diplomat dan pakar internasional bertemu untuk membahas topik seperti tatanan global, keamanan manusia dan transnasional, pertahanan atau keberlanjutan.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menghadiri pertemuan dengan Perdana Menteri Inggris selama Konferensi Keamanan Munich di Munich, Jerman selatan, pada 19 Februari 2022. Selama Konferensi Keamanan Munich ke-58 yang berlangsung dari 18-20 Februari 2022, para diplomat dan pakar internasional bertemu untuk membahas topik seperti tatanan global, keamanan manusia dan transnasional, pertahanan atau keberlanjutan. (Matt Dunham / POOL / AFP)

Volodymyr Zelensky tuduh Rusia lakukan kejahatan perang

BERITA REKOMENDASI

Menanggapi serangan di kota Kharkiv, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia melakukan kejahatan perang atas ledakan tersebut.

Zelensky mengatakan dalam lima hari, ada 56 serangan rudal dan 113 rudal jelajah diluncurkan di Ukraina oleh pasukan Rusia.

Pada Senin (28/2/2022), Zelensky mengatakan pasukan Rusia dengan brutal menembaki kota Kharkiv dari artileri jet.

"Itu jelas merupakan kejahatan perang," tegas Zelensky.

Baca juga: Dampak Invasi ke Ukraina, Warner Bros Hentikan Perilisan The Batman di Rusia

Baca juga: Sabuk Hitam Taekwondo Presiden Vladimir Putin Dicabut Gara-gara Rusia Invasi Ukraina

Penyelidikan internasional

Di hari yang sama, Pengadilan Kriminal Internasional mengatakan akan membuka penyelidikan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Rusia menyatakan bahwa mereka tidak menargetkan infrastruktur sipil di Ukraina.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas