Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tewasnya ‘Sang Serigala Kelabu’, Veteran Pilot Tempur Ukraina Yang Berani Melawan Pesawat Rusia

Menurut saluran Telegram Operasional APU Oksanchenko memiliki lebih dari dua ribu jam terbang dan kinerja sempurna dari elemen aerobatik

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tewasnya ‘Sang Serigala Kelabu’, Veteran Pilot Tempur Ukraina Yang Berani Melawan Pesawat Rusia
istimewa
Kolonel Oleksandr "Grey Wolf" Oksanchenko 

TRIBUNNEWS.COM – Seorang veteran pilot pesawat tempur Ukraina dengan gagah berani melawan armada pesawat perang Rusia yang melakukan invasi ke negeri tersebut.

Kolonel Oleksandr "Grey Wolf" Oksanchenko yang merupakan pilot tampilan Flanker Angkatan Udara Ukraina antara 2013-2018 telah kehilangan nyawanya pada Jumat malam dalam sebuah pertempuran dan jetnya ditembak jatuh di atas Kyiv oleh pertahanan udara Rusia.

The Aviation menyebutkan, Kolonel Ukraina Oleksandr Oksanchenko, pilot pesawat Sukhoi Su-27 Flanker Angkatan Udara Ukraina antara 2013-2018 tewas dalam pertempuran udara. Presiden Volodymyr Zelensky secara anumerta menganugerahi prajurit itu dengan gelar Pahlawan Ukraina, komando Angkatan Udara Angkatan Bersenjata Ukraina mengumumkan di Facebook.

Baca juga: Invasi Rusia Hari ke-9, Ini Beberapa Hal yang Terjadi

Menurut Perild.com, Oksanchenko tewas dalam pertempuran, mengalihkan pesawat musuh. Ia adalah mantan pilot petarung yang sarat pengalaman sehingga teman-temannya pun menjulukinya sebagai ‘Grey Wolf’ atau serigala kelabu karena keberaniannya bertempur melawan Rusia.

Pesawat jet Sukhoi Su-30SM Flanker-C
Pesawat jet Sukhoi Su-30SM Flanker-C (Vitaliy Timkiv/Sputnik)

“Kolonel Oleksandr Oksanchenko, sekarang Pahlawan Ukraina, tewas dalam pertempuran udara, mengganggu pesawat musuh… Sangat disayangkan bahwa dia tidak menerima Pahlawan Ukraina selama hidupnya, karena dia sangat berharga… Dia adalah Pahlawan bagiku selama-lamanya. Selamanya hidup", tulis Lana Borisova di Facebook.

Baca juga: Terkait dengan Perang Rusia Vs Ukraina, Dukungan Dunia Olahraga Tidak Cukup, Ini Kata Marc Marquez

Menurut saluran Telegram Operasional APU Oksanchenko memiliki lebih dari dua ribu jam terbang dan kinerja sempurna dari elemen aerobatik yang paling sulit.

Dia menjadi terkenal setelah kemenangan penerbangan di pertunjukan udara SIAF, The Royal International Air Tattoo, International Airshow-2017, Czech International Air Fest.

“Tulisan tangan dan gayanya dalam melakukan aerobatik sekarang dikenal di seluruh dunia. Kolonel Alexander Oksanchenko dianggap sebagai salah satu pilot aerobatik terbaik dari pesawat tempur,” kata laporan itu.

BERITA REKOMENDASI

Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Halaman Facebook European Airshows, yang menulis;

"Kami telah menerima berita yang sangat mengejutkan dan menyedihkan dari Ukraina pagi ini.

Kolonel Oleksandr “Grey Wolf” Oksanchenko yang merupakan pilot tampilan Flanker Angkatan Udara Ukraina antara 2013-2018 telah kehilangan nyawanya pada Jumat malam ketika jetnya ditembak jatuh di atas Kyiv oleh pertahanan udara Rusia.

Baca juga: Apa Itu Oligarki Rusia? Ini yang Perlu Diketahui saat AS Jatuhkan Sanksi kepada Para Elite

'Kol. Oksanchenko tidak hanya seorang pilot yang sangat berpengalaman yang memenangkan sejumlah penghargaan untuk pertunjukan terbang terbaik di banyak acara di seluruh Eropa, tetapi dia juga penggemar sejati pertunjukan udara.

Meskipun meninggalkan layanan aktif dan bergabung dengan cadangan pada akhir 2018 ia mengajukan diri untuk tetap berada di Tim Tampilan Solo Flanker Ukraina sebagai pelatih/penasihat dan melakukan perjalanan bersama tim selama musim pertunjukan 2019 yang juga merupakan musim pertunjukan udara terakhir bagi tim.

“Dia keluar dari masa pensiunnya untuk membela negaranya dari invasi Rusia dan membayar harga tertinggi. Kol. Oksanchenko secara anumerta dianugerahi gelar Pahlawan Ukraina oleh presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Baca juga: UPDATE Perang Rusia Vs Ukraina: Pesawat Kiamat Putin Mulai Lepas Landas, Disebut Anti Ledakan Nuklir

'Langit biru Pak dan terima kasih atas semua penampilan Anda yang luar biasa!'

Kantor berita Interfax menyebutkan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menganugerahkan gelar Pahlawan Ukraina kepada 12 prajurit karena kepahlawanan yang ditunjukkan dalam membela kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, kesetiaan pada sumpah militer, situs web presiden melaporkan pada hari Senin.

Enam prajurit dianugerahi pangkat tinggi dengan Ordo Bintang Emas secara anumerta: Letnan Kolonel Eduard Vahorovsky, Mayor Dmytro Kolomiets, Letnan Kolonel Hennadiy Matuliak, Letnan Vitaliy Movchan, Kolonel Oleksandr Oksanchenko, Letnan Senior Viacheslav Radionov.

Letnan Senior Andriy Gerus, Brigadir Jenderal Dmytro Krasylnykov, Letnan Kolonel Andriy Kruhlov, Kolonel Oleksandr Mostovy, Letnan Jenderal Yuriy Sodol, dan Kolonel Medis Eduard Khoroshun dianugerahi gelar Pahlawan Ukraina dan Ordo Bintang Emas. (The Aviation/Interfax)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas