Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS dan NATO Yakin Belarusia akan Gabung Rusia untuk Perang Lawan Ukraina

AS dan NATO yakin bahwa Belarusia akan segera bergabung dengan Rusia melawan Ukraina. Unit tempur Belarusia siap pergi ke Ukraina dalam waktu dekat.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Nuryanti
zoom-in AS dan NATO Yakin Belarusia akan Gabung Rusia untuk Perang Lawan Ukraina
Sky News
Alexander Lukashenko - AS dan NATO yakin Belarusia akan segera bergabung dengan Rusia untuk perang melawan Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat (AS) dan NATO percaya bahwa Belarusia akan segera bergabung dengan Rusia dalam perangnya melawan Ukraina.

Hal tersebut disampaikan oleh pejabat AS dan NATO.

Mereka mengatakan bahwa Belarusia telah mengambil langkah-langkah untuk melakukannya.

Semakin "mungkin" bahwa Belarus akan memasuki konflik, kata seorang pejabat militer NATO pada Senin (21/3/2022).

"(Presiden Rusia Vladimir) Putin membutuhkan dukungan. Apa pun akan membantu," pejabat itu menjelaskan, sebagaimana dikutip CNN.

Sebuah sumber oposisi Belarusia mengatakan bahwa unit tempur Belarusia siap untuk pergi ke Ukraina segera dalam beberapa hari ke depan, dengan ribuan pasukan siap untuk dikerahkan.

Dalam pandangan sumber tersebut, ini akan memiliki dampak yang lebih kecil secara militer daripada secara geopolitik, mengingat implikasi dari negara lain yang bergabung dalam perang.

Baca juga: Presiden Zelensky Siap Berunding, Ukraina Tak Gabung NATO Asalkan Rusia Penuhi Tuntutan Ini

Baca juga: 3 Bank Belarus Terputus dari Sistem Pembayaran SWIFT  

BERITA REKOMENDASI

Seorang pejabat senior intelijen NATO mengatakan secara terpisah bahwa aliansi tersebut menilai bahwa pemerintah Belarusia "sedang mempersiapkan lingkungan untuk membenarkan serangan Belarusia terhadap Ukraina."

Rusia telah melancarkan serangannya ke Ukraina sebagian dari wilayah Belarusia, dan ribuan tentara Rusia berkumpul di Belarus menjelang invasi Kremlin ke Ukraina bulan lalu, yang diklaim kedua negara untuk latihan.

Sanksi AS dan Eropa sebagai tanggapan atas perang telah menargetkan pejabat Rusia dan Belarusia, termasuk Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Belarus bergerak untuk mengubah konstitusinya bulan lalu untuk memungkinkan negara itu menjadi tuan rumah bagi pasukan Rusia dan senjata nuklir secara permanen, meskipun para pejabat AS telah menekankan bahwa mereka belum melihat bukti Rusia memindahkan atau mempersiapkan senjata nuklir.

Sumber tersebut menekankan bahwa hingga saat ini tidak ada indikasi bahwa Belarusia saat ini berpartisipasi dalam pertempuran di Ukraina.

Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan, Pentagon belum melihat "indikasi bahwa Belarusia sedang bersiap untuk pindah ke Ukraina atau bahwa mereka telah membuat perjanjian untuk melakukan itu."

Pejabat militer NATO mengatakan keputusan akhir untuk keterlibatan Belarus dalam perang masih harus dibuat di Moskow, namun belum ada indikasi bahwa pasukan Belarusia berpartisipasi dalam pertempuran di Ukraina.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas