Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dubes RI Resmikan Masjid ke-6 Komunitas Muslim Indonesia di Amerika Serikat

Menurut Rosan, dengan adanya Masjid At-Thohir, maka saat ini ada 6 masjid yang dikelola komunitas muslim Indonesia.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Dubes RI Resmikan Masjid ke-6 Komunitas Muslim Indonesia di Amerika Serikat
Istimewa
Setelah melalui berbagai proses perombakan, bangunan kuno di pusat downtown Los Angeles kini berubah menjadi masjid megah. Masjid bernama At Thohir itu telah diresmikan Minggu (27/3/2022) pagi waktu setempat. 

Dubes RI Resmikan Masjid ke-6 Komunitas Muslim Indonesia di Amerika Serikat

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --  Dubes RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani meresmikan Masjid At-Thohir di Los Angeles (LA), yang menjadi masjid ke-6 komunitas Indonesia yang ada di Amerika Serikat.

Masjid ini berada di Jalan Kenmore, di pusat kota Los Angeles, Amerika Serikat.

Peresmian masjid dihadiri para komunitas muslim Indonesia di LA.

Masjid tersebut dibeli dan direnovasi atas amal jariyah umat muslim Indonesia dan mayoritas bantuan keluarga besar almarhum Mochamad Thohir pada 2018 lalu.

Baca juga: WNI di Los Angeles Sambut Gembira Kehadiran Masjid At Thohir

Prasasti peresmian Masjid At-Thohir di Los Angeles (LA), yang menjadi masjid ke-6 komunitas muslim Indonesia yang ada di Amerika Serikat.
Prasasti peresmian Masjid At-Thohir di Los Angeles (LA), yang menjadi masjid ke-6 komunitas muslim Indonesia yang ada di Amerika Serikat. (HO/IST)

“Dengan izin Allah SWT dan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya buka masjid At-Thohir ini,” kata Dubes Rosan meresmikan masjid tersebut dikutip dari keterangannya, Senin (28/3/2022).

BERITA TERKAIT

Hadir dalam peresmian ini, Garibaldi Thohir yang sering disapa Boy Thohir, yang mewakili keluarga Mochamad Thohir.

Hadir juga Konjen RI untuk LA Saud Krisnawan, mantan Dubes RI untuk AS Sonny Bowoleksono, Ketua Yayasan Indonesia Muslim Foundation (IMFO) Dwirana Satyavat dan rombongan dari Indonesia.

Menurut Rosan, dengan adanya Masjid At-Thohir, maka saat ini ada 6 masjid yang dikelola komunitas muslim Indonesia.

Sebelumnya, ada 1 masjid di Maryland, 1 masjid di Houston, 1 masjid di New York, 1 masjid di Philadelphia, 1 masjid di Washington,DC, dan sebuah pesantren di Connecticut.

Rosan menyampaikan terima kasih atas upaya masyarakat muslim di Los Angeles dan Boy Thohir serta keluarga Mochamad Thohir atas berdirinya masjid ini.

Baca juga: Sambut Ramadan 2022, Dewan Masjid Indonesia Keluarkan SE Soal Aturan Ibadah, Ini Isinya

Masjid At Thohir di Los Angeles diresmikan Minggu (27/3/2022) pagi waktu setempat. Hadir dalam peresmian tersebut pengusaha Muslim Indonesia, Garibaldi Thohir; Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Roosan P Roslani; Konsul Jenderal Los Angeles, Saut Trisnawan; Ketua Indonesia Muslim Foundation, Dwirana Satyavat.
Masjid At Thohir di Los Angeles diresmikan Minggu (27/3/2022) pagi waktu setempat. Hadir dalam peresmian tersebut pengusaha Muslim Indonesia, Garibaldi Thohir; Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Roosan P Roslani; Konsul Jenderal Los Angeles, Saut Trisnawan; Ketua Indonesia Muslim Foundation, Dwirana Satyavat. (Istimewa)

"Keberadaan masjid ini kontribusi nyata keluarga Pak Thohir dan masyarakat muslim di sini,” kata Rosan.

Pada peresmian masjid ini, Boy Thohir yang hadir bersama anak bungsunya, Gama Thohir, menceritakan bagaimana asal muasal pendirian masjid At-Thohir ini.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas