Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ukraina Sebut Lebih dari 1.200 Mayat Ditemukan di Dekat Kyiv

Ukraina menemukan lebih dari 1.200 mayat di wilayah Kyiv. Rusia disebut terus mengobarkan perang terhadap warga sipil.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Ukraina Sebut Lebih dari 1.200 Mayat Ditemukan di Dekat Kyiv
AFP/RONALDO SCHEMIDT
Seorang prajurit Ukraina berjalan di samping mayat-mayat yang berbaris untuk diidentifikasi oleh personel forensik dan petugas polisi di pemakaman di Bucha, utara Kyiv, pada 6 April 2022. - Ukraina mengatakan menemukan lebih dari 1.200 mayat di wilayah Kyiv. 

TRIBUNNEWS.COM - Ukraina mengatakan telah menemukan lebih dari 1.200 mayat di wilayah Kyiv, Minggu (10/4/2022).

Kyiv diduga menjadi tempat kekejaman yang dilakukan selama pendudukan Rusia bulan lalu.

Ribuan mayat tersebut ditemukan ketika penduduk di timur Ukraina bersiap melarikan diri menjelang ledakan besar yang diperkirakan terjadi.

Pemboman berat menghantam Ukraina sepanjang akhir pekan, menambah jumlah korban enam minggu setelah invasi Rusia ke tetangganya.

"Tentara Rusia terus mengobarkan perang terhadap warga sipil karena kurangnya kemenangan di garis depan," kata kata gubernur regional, Oleg Sinegoubov, seperti dilansir CNA.

Di Dnipro, sebuah kota industri besar berpenduduk satu juta jiwa, hujan rudal Rusia hampir menghancurkan bandara setempat, menyebabkan jumlah korban yang tidak pasti, kata pihak berwenang setempat.

Baca juga: Lindungi Ukraina, Microsoft Blokir Serangan Siber dari Rusia

Baca juga: Sanksi Terus Bertambah, Uni Eropa Memutus Rusia dari Layanan Cryptocurrency

Itu sudah terjadi pada 15 Maret, lalu.

BERITA TERKAIT

Presiden Volodymyr Zelenskyy sekali lagi mengutuk kekejaman terhadap warga sipil.

Setelah berbicara dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, Zelenskyy mengatakan mereka telah sepakat "bahwa semua pelaku kejahatan perang harus diidentifikasi dan dihukum".

Jaksa Agung Ukraina Iryna Venediktova mengatakan negara itu sedang memeriksa dugaan kesalahan 500 pejabat terkemuka Rusia, termasuk Presiden Vladimir Putin, atas ribuan kejahatan perang.

Ukraina Siap Bertempur

Korban tewas juga meningkat di timur Ukraina, di mana serangan rudal pada hari Jumat (8/4/2022) menewaskan 57 orang di sebuah stasiun kereta api di kota Kramatorsk, menurut penghitungan revisi yang dikeluarkan oleh Pavlo Kyrylenko, gubernur wilayah Donetsk.

Penduduk di timur telah melarikan diri dalam jumlah ribuan saat Ukraina bersiap untuk "pertempuran penting" melawan pasukan Moskow, kata Zelenskyy.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato di depan majelis rendah parlemen Jerman Bundestag melalui tautan video dari Kyiv, Ukraina (17 Maret 2022). (AFP/Ukraine Presidency/Handout)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato di depan majelis rendah parlemen Jerman Bundestag melalui tautan video dari Kyiv, Ukraina (17 Maret 2022). (AFP/Ukraine Presidency/Handout) (AFP/HANDOUT)

"Kami siap bertarung dan melihat secara paralel untuk mengakhiri perang ini melalui diplomasi," katanya pada hari Sabtu pada konferensi pers dengan mengunjungi Kanselir Austria Karl Nehammer.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas