Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Zelensky Peringatkan Rusia: Bebaskan Tahanan Ukraina Jika Ingin Sekutu Utama Putin Kembali

Presiden Volodymyr Zelenskyy meminta Rusia membebaskan tawanan perang Ukraina jika ingin sekutu paling penting Putin kembali.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Zelensky Peringatkan Rusia: Bebaskan Tahanan Ukraina Jika Ingin Sekutu Utama Putin Kembali
Kolase Tribunnews Business Insider/AFP Handout dan AFP/SERGEI SUPINSKY
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. - Zelensky meminta Rusia bebaskan tahanan Ukraina jika ingin sekutu utama Putin kembali. 

TRIBUNNEWS.COM - Ukraina mengatakan kepada Rusia untuk membebaskan tawanan perang jika ingin sekutu paling penting Kremlin dibebaskan.

Rusia telah berulang kali membantah menargetkan warga sipil dan mengatakan tuduhan Ukraina dan Barat atas kejahatan perang dibuat untuk mendiskreditkan pasukan Rusia.

Pada Selasa (12/4/2022), Ukraina mengumumkan bahwa Viktor Medvedchuk, pemimpin partai Platform Oposisi - For Life, telah ditangkap, sebagaimana dikutip dari CNA.




Pada bulan Februari, pihak berwenang mengatakan dia telah lolos dari tahanan rumah setelah kasus makar dibuka.

Tokoh pro-Rusia, yang mengatakan Presiden Vladimir Putin adalah ayah baptis putrinya, telah membantah melakukan kesalahan.

"Saya mengusulkan kepada Federasi Rusia: Tukarkan pria Anda ini (Medvedchuk) dengan pria dan wanita kami yang sekarang ditahan di Rusia," kata Presiden Volodymyr Zelenskyy dalam pidato pagi hari Rabu (13/4/2022).

Baca juga: Rangkuman Invasi Hari ke-48: Rusia Dituduh Lakukan 5.800 Kejahatan Perang, Serangan Kimia di Ukraina

Baca juga: Hentikan Ketergantungan dari Energi Rusia, Perusahaan Jerman Bangun PLTS di Danau Tambang

Di samping foto Medvedchuk yang diborgol, kepala dinas keamanan Ukraina Ivan Bakanov mengatakan di Facebook bahwa para operator "melakukan operasi khusus multi-level secepat kilat dan berbahaya" untuk menangkapnya.

BERITA TERKAIT

Seorang juru bicara Kremlin yang dikutip oleh kantor berita Tass mengatakan dia telah melihat foto itu dan tidak bisa mengatakan apakah itu asli.

Beberapa jam sebelumnya, Putin menggunakan komentar publik pertamanya tentang konflik dalam lebih dari seminggu untuk bersikeras bahwa Rusia akan "secara berirama dan tenang" melanjutkan operasinya, dengan mengatakan dia yakin tujuannya, termasuk keamanan, akan tercapai.

Zelenskyy mengejek Putin dalam pidatonya: "Bagaimana mungkin sebuah rencana yang mengatur kematian puluhan ribu tentara mereka sendiri dalam waktu lebih dari sebulan perang bisa terjadi?"

Putin mengatakan bahwa negosiasi damai yang terputus-putus "sekali lagi kembali ke situasi buntu bagi kita".

Gambar selebaran yang dirilis pada 12 April 2022 oleh Dinas Keamanan Ukraina menunjukkan taipan bisnis Viktor Medvedchuk dengan tangan terborgol dan mengenakan seragam tentara Ukraina.
Gambar selebaran yang dirilis pada 12 April 2022 oleh Dinas Keamanan Ukraina menunjukkan taipan bisnis Viktor Medvedchuk dengan tangan terborgol dan mengenakan seragam tentara Ukraina. (AFP)

Selama komentarnya pada hari Selasa, ia sering tampak mengoceh atau terbata-bata.

Hanya sesekali dia mengadopsi sikap dingin dan percaya diri yang telah menjadi ciri khasnya dalam penampilan publik selama lebih dari 22 tahun sebagai pemimpin Rusia.

Putin, yang telah muncul di mana-mana di televisi Rusia pada hari-hari awal perang, sebagian besar telah mundur dari pandangan publik sejak penarikan Rusia dari Ukraina utara dua minggu lalu.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas