Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sosok Viktor Medvedchuk, Sekutu Utama Putin yang Ditangkap Ukraina

Berikut sosok Viktor Medvedchuk, seorang politisi Ukraina yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, kini telah ditangkap.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Nuryanti
zoom-in Sosok Viktor Medvedchuk, Sekutu Utama Putin yang Ditangkap Ukraina
AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menunjukkan sekutu utama Rusia, Viktor Medvedchuk telah ditangkap dengan tangan terborgol dan mengenakan seragam tentara Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM - Ukraina mengatakan pihaknya telah menangkap Viktor Medvedchuk, sekutu paling penting Rusia, Selasa (12/4/2022).

Mei lalu, Viktor Medvedchuk (67) seorang politisi Ukraina yang dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, didakwa melakukan makar di Kyiv, dituduh menjual rahasia militer ke Rusia dan menjarah sumber daya alam di Krimea yang dicaplok.

Dia ditempatkan di bawah tahanan rumah dan Putin segera menuduh Kyiv membersihkan bidang politik dari semua kekuatan yang mendukung resolusi damai dari krisis Rusia-Ukraina.




"Jadi, semua orang yang bekerja dengan Rusia di Ukraina akan bertanggung jawab?" kata Putin, yang merupakan ayah baptis putri Medvedchuk.

Dikutip dari Al Jazeera, pada 28 Februari 2022 lalu, empat hari setelah Rusia menginvasi Ukraina, Medvedchuk melarikan diri dari tahanan rumahnya.

Pelariannya tanpa hambatan dipandang sebagai tanda kelemahan pemerintahan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di tengah kekacauan dan ketidakpastian hari-hari pertama perang.

Baca juga: 20 Maskapai Penerbangan Rusia Dilarang Melintas di Langit Eropa

Baca juga: Rusia Klaim Lebih dari 1.000 Tentara Ukraina Menyerah di Mariupol, Termasuk 47 Tentara Wanita

Namun pasukan Ukraina menggagalkan serangan kilat Putin dan dinas intelijen terus mencari Medvedchuk, yang partai politiknya yang pro-Rusia, Platform Oposisi Eurosceptic – For Life, menghentikan operasinya sebulan setelah pelariannya.

BERITA TERKAIT

Pada hari Selasa, Zelenskyy mengumumkan dalam sebuah posting Twitter bahwa Medvedchuk telah ditangkap setelah "operasi secepat kilat" oleh Layanan Keamanan Ukraina.

Postingan itu termasuk foto Medvedchuk yang diborgol, tampak pucat dan acak-acakan dengan seragam militer Ukraina.

Dari Pengacara Jadi Orang Penting Putin

Medvedchuk memasuki dunia politik satu dekade kemudian setelah bergabung dan kemudian memimpin partai sosialis pro-Moskow.

Dia merupakan seorang pengacara era Soviet yang dikritik karena pembelaan yang buruk terhadap pembangkang Ukraina pada 1980-an.

Pada awal 2000-an, ia memimpin pemerintahan Leonid Kuchma, seorang presiden pro-Rusia dan mengembangkan citra “kardinal abu-abu” yang pendiam.

Dia bertemu Putin untuk pertama kalinya pada tahun 2003.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas