Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Peringatkan Swedia-Finlandia Jika Gabung NATO, Ancam Kerahkan Senjata Nuklir dan Rudal

Rusia memperingatkan Swedia dan Finlandia jika bergabung dengan NATO. Rusia mengancam akan mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Rusia Peringatkan Swedia-Finlandia Jika Gabung NATO, Ancam Kerahkan Senjata Nuklir dan Rudal
NATO via Britannica
Bendera NATO - Rusia peringatkan ancaman nuklir dan rudal jika Swedia-Finlandia bergabung NATO. 

TRIBUNNEWS.COM - Salah satu sekutu terdekat Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (14/4/2022) memperingatkan bahwa jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan aliansi militer yang dipimpin AS, NATO maka Rusia akan mengerahkan senjata nuklir dan rudal hipersonik di sebuah eksklave di jantung Eropa.

Finlandia, yang berbagi perbatasan 1.300 km dengan Rusia, dan Swedia sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan aliansi NATO .

Dmitry Medvedev, wakil ketua Dewan Keamanan Rusia mengatakan, jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO, maka Rusia harus memperkuat angkatan darat, angkatan laut dan udaranya di Laut Baltik.

Medvedev juga secara eksplisit mengangkat ancaman nuklir dengan mengatakan bahwa tidak akan ada lagi pembicaraan tentang Baltik yang bebas nuklir, di mana Rusia memiliki eksklave Kaliningrad yang diapit di antara Polandia dan Lithuania.

“Tidak ada lagi pembicaraan tentang status bebas nuklir untuk Baltik – keseimbangan harus dipulihkan,” kata Medvedev, dilansir Al Jazeera.

Medvedev mengatakan dia berharap Finlandia dan Swedia akan masuk akal.

Baca juga: Abaikan Ancaman Rusia, Swedia dan Finlandia akan Gabung dengan NATO pada Musim Panas Ini

Baca juga: Mengenal Moskva, Kapal Perang Utama Rusia yang Tenggelam di Laut Hitam Setelah Dirudal Ukraina

Jika tidak, katanya, mereka harus hidup dengan senjata nuklir dan rudal hipersonik di dekat rumah.

BERITA TERKAIT

Rusia memiliki persenjataan hulu ledak nuklir terbesar di dunia dan, bersama dengan China dan Amerika Serikat, adalah salah satu pemimpin global dalam teknologi rudal hipersonik .

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, ditanya tentang komentar Medvedev oleh wartawan, mengatakan bahwa telah dibicarakan berkali-kali dan Presiden Vladimir Putin telah mengeluarkan perintah untuk memperkuat sayap barat karena potensi militer NATO yang berkembang.

Ditanya apakah penguatan ini akan mencakup senjata nuklir, Peskov berkata, “Saya tidak bisa mengatakan … Akan ada seluruh daftar tindakan, langkah-langkah yang diperlukan. Ini akan dibahas pada pertemuan terpisah oleh presiden.”

Lithuania mengatakan ancaman Rusia bukanlah hal baru dan bahwa Moskow telah mengerahkan senjata nuklir ke Kaliningrad jauh sebelum perang di Ukraina.

Tidak ada komentar langsung dari NATO tentang peringatan Rusia.

Namun, kemungkinan masuknya Finlandia dan Swedia ke dalam NATO, yang didirikan pada tahun 1949 untuk memberikan keamanan Barat terhadap Uni Soviet, akan menjadi salah satu konsekuensi strategis terbesar dari perang di Ukraina.

Tindakan militer Moskow di Ukraina telah memicu perubahan dramatis dalam opini publik dan politik di Finlandia dan Swedia tentang kebijakan non-blok militer yang telah lama dipegang.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas