Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Imbas Perang di Ukraina Harga Pangan Global Melonjak, Uni Eropa Terancam Kekurangan Pasokan Makanan?

perang telah mengganggu produksi pangan, karena Rusia telah melarang ekspor biji-bijian, dan panen di Ukraina yang berakibat pada melonjaknya harga

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Imbas Perang di Ukraina Harga Pangan Global Melonjak, Uni Eropa Terancam Kekurangan Pasokan Makanan?
realnoe vremya
Imbas Perang di Ukraina Harga Pangan Global Melonjak, Uni Eropa Terancam Kekurangan Pasokan Makanan? 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, HELSINKI - Saat konflik di Ukraina masih berlangsung, banyak orang di seluruh dunia khawatir dengan kenaikan harga makanan pokok seperti gandum, minyak sayur dan gula pasir.

Rusia dan Ukraina yang disebut sebagai lumbung pangan global, telah menyumbang sekitar 29 persen dari ekspor gandum global, 19 persen dari ekspor jagung, dan 78 persen dari eskpor minyak bunga matahari.

Namun perang telah mengganggu produksi pangan, karena Rusia telah melarang ekspor biji-bijian, dan panen di Ukraina menjadi tidak pasti, yang berakibat pada melonjaknya harga pangan.

Baca juga: Puan Ingatkan Dewan Awasi Pasokan dan Lonjakan Harga Pangan Jelang Lebaran

Dikutip dari dw.com, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) menyoroti indeks harga pangan global telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa, pada bulan Maret tahun ini.

Di wilayah Uni Eropa, harga makanan, alkohol dan tembakau telah naik 4,1 persen pada Februari lalu, dari sebelumnya pada bulan Januari yaitu 3,5 persen.

Pakar pertanian di BirdLife, Ariel Brunner mengatakan krisis pangan telah mengancam negara-negara yang bergantung dengan impor pangan dari Ukraina.

“Penting untuk diingat bahwa ancaman nyata terhadap ketahanan pangan ada di negara-negara miskin, terutama di negara-negara yang sangat bergantung pada impor dari Ukraina, seperti di Timur Tengah dan Afrika Utara. Di Eropa, ini lebih merupakan masalah inflasi. Sereal, minyak bunga matahari dan beberapa komoditas lainnya mungkin akan mengalami kejutan pasokan. Tetapi penting untuk dipahami bahwa ini dalam waktu dekat," jelas Ariel Brunner.

Panen gandum di Rusia.
Panen gandum di Rusia. (realnoe vremya)
BERITA TERKAIT

Perdagangan pangan UE dengan Rusia dan Ukraina

Uni Eropa (UE) telah menjadi mitra dagang berbagai produk pangan dari Rusia dan Ukraina.

Ekspor pertanian pangan UE dari impor Rusia termasuk minyak sayur, gandum, bahan pakan ternak dan pupuk untuk pertanian.

Sementara itu, Ukraina menyumbang 36 persen dari impor sereal ke Uni Eropa dan 16 persen dari minyak sayur.

Namun menurut Komisi Eropa, UE mengaku dapat dengan mudah mengatasi ketidakstabilan yang disebabkan oleh perang di Ukraina.

"Uni Eropa sebagian besar swasembada untuk pangan, dengan surplus pertanian pangan besar-besaran, dan pasar tunggal Uni Eropa sekali lagi dapat diharapkan untuk membuktikan kemampuannya untuk menyerap guncangan," kata komisi itu dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Ukraina Mulai Batasi Ekspor Sejumlah Komoditas Pertanian ke Beberapa Negara Eropa

UE menerbitkan sebuah laporan pada awal April ini, yang mencakup langkah-langkah untuk membantu petani UE untuk meningkatkan produksi biji-bijian dalam negeri seperti gandum, jagung dan minyak sayur.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas