Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PBB Siap Kumpulkan 2,25 Miliar Dolar AS Bantuan untuk Ukraina

(PBB) telah meluncurkan seruan baru untuk Ukraina yang dilanda perang dengan menargetkan bantuan dana sebesar 2,25 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in PBB Siap Kumpulkan 2,25 Miliar Dolar AS Bantuan untuk Ukraina
Yasuyoshi CHIBA / AFP
Seorang wanita melihat peti mati suaminya yang terbunuh, di sebuah pemakaman di Bucha, pada 18 April 2022, selama invasi Rusia ke Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Organisasi kemanusiaan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah meluncurkan seruan baru untuk Ukraina yang dilanda perang dengan menargetkan bantuan dana sebesar 2,25 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Selain itu, organisasi itu juga akan memberikan bantuan dan perlindungan kepada hampir 9 juta orang, seperti yang disampaikan dalam layanan pers PBB.

Sebelumnya, beberapa hari setelah Rusia melancarkan invasi terhadap Ukraina, PBB menyerukan penggalangan dana sebesar 1 miliar dolar AS untuk negara itu.

Dikutip dari laman Ukrinform, Selasa (26/4/2022), menurut laporan tersebut, Ukraina memiliki populasi 44 juta, dan perang ini telah menyebabkan sekitar 15,7 juta orang membutuhkan bantuan.

Baca juga: Jelang Pertemuan AS dan Sekutu Soal Penambahan Senjata ke Ukraina, Rusia: Ancaman PD III Makin Nyata

Perlu diketahui, konflik tersebut telah menyebabkan krisis pengungsian yang tumbuh paling cepat di dunia sejak Perang Dunia Kedua, menelantarkan hampir 13 juta orang.

Lebih dari 7 juta pengungsi internal sementara 5,2 juta telah menyeberang ke negara-negara tetangga, seperti Polandia dan sekitarnya.

Bantuan yang disiapkan PBB khususnya mencakup pengiriman bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah yang paling terkena dampak dan pemberian bantuan kepada orang-orang terlantar.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas