Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bintang Hollywood Angelina Jolie Lakukan Kunjungan ke Ukraina

Bintang Hollywood sekaligus utusan kemanusiaan PBB Angelina Jolie melakukan kunjungan mendadak ke kota Lviv, Ukraina barat pada Sabtu (30/4/2022).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Bintang Hollywood Angelina Jolie Lakukan Kunjungan ke Ukraina
MARWAN TAHTAH / UNHCR / AFP
Gambar selebaran yang disediakan oleh Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) pada 6 Maret 2022 menunjukkan utusan khusus UNHCR Angelina Jolie tiba di Yaman dalam kunjungan untuk membantu menarik perhatian pada konsekuensi bencana dari konflik tujuh tahun di Yaman. 

TRIBUNNEWS.COM - Bintang Hollywood sekaligus utusan kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Angelina Jolie melakukan kunjungan mendadak ke Kota Lviv, Ukraina barat pada Sabtu (30/4/2022).

Gubernur regional Lviv Maksym Kozytski mengatakan di Telegram, Jolie datang dan berbicara dengan orang-orang terlantar, yang mengungsi ke Lviv, termasuk anak-anak yang menjalani perawatan karena cedera di statsiun kereta api Kramatorsk di awal April.

Seperti diketahui, Angelina Jolie telah ditunjuk sebagai utusan Khusus UNHCR untuk pengungsi sejak 2011 lalu.




Dilansir The Guardian, serangan di kota Ukraina timur itu tampaknya dengan sengaja menargetkan kerumunan, sedikitnya 52 orang tewas dan puluhan lainnya terluka.

Baca juga: Rusia Hancurkan Pabrik Baja Azovstal Mariupol, Bagaimana Nasib Warga Ukraina yang Sembunyi Bunker?

Baca juga: Pasukan Rusia Cegat Manuver Jet Tempur Ukraina ke Wilayah Bryansk

Gambar selebaran yang disediakan oleh Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) pada 6 Maret 2022 menunjukkan utusan khusus UNHCR Angelina Jolie tiba di Yaman dalam kunjungan untuk membantu menarik perhatian pada konsekuensi bencana dari konflik tujuh tahun di Yaman.
Gambar selebaran yang disediakan oleh Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) pada 6 Maret 2022 menunjukkan utusan khusus UNHCR Angelina Jolie tiba di Yaman dalam kunjungan untuk membantu menarik perhatian pada konsekuensi bencana dari konflik tujuh tahun di Yaman. (MARWAN TAHTAH / UNHCR / AFP)

Sebagian besar kerumunan itu terdiri dari wanita dan anak-anak yang mencoba melarikan diri dari serangan Rusia yang mengancam.

"Dia sangat tersentuh oleh cerita [anak-anak]," tulis Kozytskiy.

"Seorang gadis bahkan dapat secara pribadi memberi tahu Jolie tentang mimpi yang dia alami," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Dia menambahkan Jolie juga mengunjungi sekolah asrama, berbicara dengan siswa dan berfoto dengan mereka, menambahkan "dia berjanji akan datang lagi".

Baca juga: Pasukan Amerika Serikat Melatih Tentara Ukraina di Jerman

Baca juga: Jurnalis Perempuan Tewas Seketika Saat Rudal Rusia Menghantam Kediamannya di Kiev Ukraina

Menurut Kozytskiy, Jolie juga bertemu dengan para pengungsi yang tiba di stasiun kereta api pusat Lviv, serta dengan sukarelawan Ukraina yang memberikan bantuan dan konseling medis kepada para pendatang baru.

"Kunjungan itu mengejutkan kami semua,"; tulisnya.

"Banyak orang yang melihat Ms Jolie di wilayah Lviv tidak percaya bahwa itu benar-benar dia. Tetapi sejak 24 Februari, Ukraina telah menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa ada banyak hal luar biasa di sini," tuturnya.

Rusia Hancurkan Pabrik Baja Azovstal Mariupol

Perusahaan teknologi antariksa, Maxar Technologies merilis foto yang menunjukkan keadaan pabrik baja Azovstal di Mariupol, Ukraina, dari citra satelitnya.

Dilansir CNN, hampir setiap bagunan di pabrik baja Azovstal yang luas, yang merupakan gudang terakhir Ukraina, telah dihancurkan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas