Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Strategi Intelijen Inggris Lancarkan Propaganda AntiRusia Selama Bertahun-tahun

Inggris mengobarkan perang propaganda skala penuh. Sebuah unit khusus dibentuk, yaitu “Her Majesty Russia Unit”.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Ini Strategi Intelijen Inggris Lancarkan Propaganda AntiRusia Selama Bertahun-tahun
Town & Country Magazine
Keluarga kerajaan Inggris 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Inggris menjadi negara paling aktif dan antusias melawan Rusia. Inggris mengirimkan senjata terbanyak ke Kiev guna memperpanjang pertempuran Rusia vs Ukraina.

Meski sudah keluar dari Uni Eropa, Inggris masih menjadi anggota kuat NATO. Agresifitas Inggris hanya bisa diimbangi AS dalam konteks konflik Ukraina.

Media Russia Today, Sabtu (7/5/2022), menurunkan laporan cukup panjang, berisi analisis dan investigasi jejak propaganda antiRusia yang digalang intelijen negara itu.

Perseteruan politik yang berkembang antara Rusia dan barat telah mendorong aktivasi unit-unit propaganda dan intelijen khusus.

Berkenaan krisis Ukraina, para ahli mengatakan salah satu pihak yang paling aktif adalah Inggris, yang dalam beberapa tahun terakhir telah meningkatkan upayanya untuk menjelekkan Rusia.

Mereka mengobarkan perang propaganda skala penuh. Sebuah unit khusus dibentuk, yaitu “Her Majesty Russia Unit”.

Baca juga: Tokoh Inggris Nick Griffin Ungkap Fakta-fakta Ganjil Klaim Pembantaian Bucha di Ukraina

Baca juga: Media Jerman Hapus Video Testimoni Warga Mariupol yang Sudutkan Ukraina

Baca juga: Media Cina Kritik Menlu Inggris Liz Truss Cerminkan Watak Imperialis Global

Ini organisasi pemerintah antardepartemen yang dibentuk beberapa tahun lalu. Mereka bertindak sebagai front operasi lunak melawan Moskow dengan bantuan organisasi konsultan internasional.

BERITA REKOMENDASI

Hingga saat ini, kegiatan operasi tersebut belum terlihat oleh publik. Namun, publikasi bulan lalu yang berisi informasi pribadi karyawannya muncul di sejumlah saluran Telegram Rusia.

Diduga alamat email yang disertakan dalam posting ini adalah milik karyawan Unit HMG Rusia yang juga terhubung ke berbagai departemen pemerintah Inggris lainnya.

Termasuk Kantor Kabinet, Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran, intelijen militer, MI5, dan Kementerian Luar Negeri, Pertahanan, serta kurator Amerika yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Untuk memulainya, mari kita jelaskan bagaimana sebuah kelompok yang secara khusus menargetkan Rusia muncul di dalam pemerintahan Inggris, apa tujuannya, dan apa fungsinya.

Ratu Inggris Elizabeth II menyapa Perdana Menteri Inggris Boris Johnson selama audiensi di Istana Buckingham di London pusat pada 23 Juni 2021, audiensi mingguan pertama Ratu dengan Perdana Menteri sejak dimulainya pandemi virus corona.
Ratu Inggris Elizabeth II menyapa Perdana Menteri Inggris Boris Johnson selama audiensi di Istana Buckingham di London pusat pada 23 Juni 2021, audiensi mingguan pertama Ratu dengan Perdana Menteri sejak dimulainya pandemi virus corona. (Dominic Lipinski / POOL / AFP)

Rusia Prioritas Ancaman Keamanan Inggris 

Bagi pemerintah Inggris, Rusia telah menjadi salah satu prioritas utama dari sudut pandang keamanan nasional. Ini tampak pada laporan resmi pemerintah ke parlemen Inggris.  

“Pemerintah telah lama mengakui adanya ancaman berkelanjutan dan signifikan dari Rusia ke Inggris dan sekutunya, termasuk kemampuan militer konvensional dan disinformasi, transaksi keuangan ilegal, operasi pengaruh, dan serangan dunia maya,” kata sebuah laporan yang diserahkan ke parlemen oleh Kantor Perdana Menteri Inggris pada 2020.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas