Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

7 Rudal Hantam Odessa Ukraina saat Kunjungan Pejabat Eropa, 1 Orang Dilaporkan Tewas

Satu orang telah tewas akibat serangan tujuh rudal di Odessa bersamaan dengan kunjungan Presiden Dewan Eropa ke Ukraina.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Nuryanti
zoom-in 7 Rudal Hantam Odessa Ukraina saat Kunjungan Pejabat Eropa, 1 Orang Dilaporkan Tewas
AFP/ALEXANDER NEMENOV
Ilustrasi. Seorang wanita menggendong seorang anak di sebelah tentara Rusia di jalan Mariupol pada 12 April 2022, ketika pasukan Rusia mengintensifkan kampanye untuk merebut kota pelabuhan yang strategis. - Satu orang tewas akibat serangan tujuh rudal di Odessa, Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM - Satu orang tewas akibat serangan rudal di Odessa, Ukraina pada Senin (9/5/2022).

Komando Operasi Selatan mengatakan bahwa pasukan Rusia menembakkan tujuh rudal ke Odessa.

Rudal menghantam sebuah pusat perbelanjaan dan gudang barang-barang konsumen.

“Sayangnya, satu orang meninggal, lima terluka dibawa ke rumah sakit. Pemadaman kebakaran berlanjut,” kata militer dalam sebuah unggahan Facebook, sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Serangan rudal itu terjadi bersamaan dengan kunjungan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, ke kota tersebut.

“Ini adalah sikap nyata Rusia terhadap Eropa. Dan selalu begitu,” kata Zelenskyy dalam pidato.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel (kiri) selama pertemuannya dengan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmygal pada 9 Mei 2022 di Odessa. Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan Rusia akan gagal untuk
Presiden Dewan Eropa Charles Michel (kiri) selama pertemuannya dengan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmygal pada 9 Mei 2022 di Odessa. Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan Rusia akan gagal untuk "melaksanakan" "kebebasan" Ukraina dalam perjalanan kejutan ke Odessa Senin di mana ia terpaksa berlindung ketika rudal kembali menghantam kota Laut Hitam itu. (AFP)

Baca juga: Putin Membandingkan Invasi Rusia ke Ukraina dengan Perang Dunia II di Parade Hari Kemenangan

Baca juga: Didukung Tank dan Artileri, Pasukan Rusia Terus Gempur Pabrik Baja Azovstal di Mariupol

Serangan Barat ke Rusia

BERITA TERKAIT

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa intervensi Rusia di Ukraina diperlukan karena Barat sedang bersiap menyerang Rusia.

Hal tersebut Putin sampaikan pada saat berpidato di parade Hari Kemenangan tahunan di Lapangan Merah Moskow yang menandai peringatan kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua.

"(Barat) mempersiapkan invasi ke tanah kami, termasuk Krimea," kata Putin, dilansir Al Arabiya,Senin (9/5/2022).

Putin membangkitkan memori kepahlawanan Soviet dalam Perang Dunia Kedua untuk mendesak pasukannya menuju kemenangan di Ukraina.

Berpidato di depan barisan prajurit di Lapangan Merah pada peringatan 77 tahun kemenangan atas Nazi Jerman, Putin mengutuk ancaman eksternal untuk melemahkan dan memecah belah Rusia.

Putin juga mengulangi argumen yang biasa dia gunakan untuk membenarkan invasinya, bahwa NATO menciptakan ancaman serius di sebelah perbatasannya.

Sebuah layar menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato saat prajurit berbaris di Lapangan Merah selama parade militer Hari Kemenangan di Moskow tengah pada 9 Mei 2022. Rusia merayakan ulang tahun ke-77 kemenangan atas Nazi Jerman selama Perang Dunia II.
Sebuah layar menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato saat prajurit berbaris di Lapangan Merah selama parade militer Hari Kemenangan di Moskow tengah pada 9 Mei 2022. Rusia merayakan ulang tahun ke-77 kemenangan atas Nazi Jerman selama Perang Dunia II. (AFP)

Dia secara langsung berbicara kepada tentara yang bertempur di wilayah Donbas di Ukraina timur yang telah dijanjikan Rusia untuk dibebaskan dari Kyiv.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas