Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jepang dan Anggota G7 Lainnya Kutuk Invasi Rusia dan Mendesak Perlucutan Senjata Nuklir

G7 mengakui bahwa kesadaran akan realitas penggunaan senjata nuklir akan membantu memperkuat upaya global menuju perlucutan senjata.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jepang dan Anggota G7 Lainnya Kutuk Invasi Rusia dan Mendesak Perlucutan Senjata Nuklir
AFP/ALEXANDER NEMENOV
Bendera nasional Rusia berkibar di gedung-gedung yang hancur di Mariupol pada 12 April 2022, saat pasukan Rusia mengintensifkan kampanye untuk merebut kota pelabuhan yang strategis itu, bagian dari serangan besar-besaran yang diantisipasi di Ukraina timur, sementara Presiden Rusia mengajukan kasus yang menantang untuk perang di tetangga Rusia. (Photo by Alexander NEMENOV / AFP) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Grup Non-Proliferasi kelompok negara maju G7 merilis pernyataannya mengutuk invasi Rusia ke Ukraina dan menyatakan posisinya pada isu-isu mendesak dalam perlucutan senjata dan non-proliferasi.

"Kelompok G-7 kemarin secara resmi mengutuk invasi Rusia sekaligus mendesak perlucutan senjata, termasuk memperkuat perlucutan senjata nuklir dan rezim non-proliferasi, mengatasi bahaya proliferasi nuklir, serta tantangan yang kita hadapi dalam kaitannya dengan senjata biologi, kimia, dan konvensional," ungkap sumber Tribunnews.com, Selasa (10/5/2022).




Secara khusus, G7 mengakui dalam pernyataan ini bahwa kesadaran akan realitas penggunaan senjata nuklir akan membantu memperkuat upaya global menuju perlucutan senjata nuklir.

Baca juga: Vladimir Putin Sebut Barat Sedang Persiapkan Serangan ke Rusia

"Atas pengakuan tersebut, G7 mendorong para pemimpin politik, generasi muda dan lainnya diharapkan untuk mengunjungi Kota Hiroshima dan Nagasaki sebagai bahan perenungan dan pembelajaran agar perang tidak terulang kembali di masa depan terutama penggunaan bom atom," tambahnya.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas