Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perusahaan Asing Angkat Kaki, Putin Bahagia: Bisnis Dalam Negeri Dapat Gantikannya

Presiden Rusia, Vladimir Putin bahagia setelah beberapa perusahaan asing angkat kaki dari Moskow, Kamis (26/5/2022).

Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin bahagia setelah beberapa perusahaan asing angkat kaki dari Moskow, Kamis (26/5/2022).

Dengan begitu, Putin mengatakan bisnis dalam negeri dapat menggantikan mereka.

Bahkan Putin juga memperingatkan Barat bahwa Moskow masih akan menemukan cara untuk memperoleh teknologi canggih dan barang-barang mewah.

Putin menyebut invasi ke Ukraina sebagai titik balik dalam sejarah Rusia.

Pemberontakan Moskow melawan Amerika Serikat, yang menurutnya telah mempermalukan Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet pada 1991.

Sejak perang, sejumlah investor asing utama - mulai dari BP hingga McDonald's Corp - telah keluar tepat ketika ekonomi Rusia menghadapi kontraksi terburuk sejak tahun-tahun setelah gejolak keruntuhan Soviet.

"Kadang-kadang ketika Anda melihat mereka yang pergi - terima kasih Tuhan, mungkin? Kami akan menempati ceruk mereka, bisnis kami, produksi kami - itu telah berkembang, dan itu akan dengan aman duduk di tanah yang disiapkan oleh mitra kami," ujar Putin, seperti diberitakan CNA.

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri upacara peletakan bunga di Makam Prajurit Tak Dikenal setelah parade militer Hari Kemenangan di Moskow tengah pada 9 Mei 2022. - Rusia merayakan ulang tahun ke-77 kemenangan atas Nazi Jerman selama Perang Dunia II. (Photo by Anton Novoderezhkin / SPUTNIK / AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri upacara peletakan bunga di Makam Prajurit Tak Dikenal setelah parade militer Hari Kemenangan di Moskow tengah pada 9 Mei 2022. - Rusia merayakan ulang tahun ke-77 kemenangan atas Nazi Jerman selama Perang Dunia II. (Photo by Anton Novoderezhkin / SPUTNIK / AFP) (AFP/ANTON NOVODEREZHKIN)
BERITA REKOMENDASI

Sindiran Putin

Berbicara melalui tautan video kepada para pemimpin negara-negara bekas Soviet, Putin menyindir bahwa kemewahan seperti Mercedes yang disukai oleh para 'penjahat' dalam kekacauan pasca-Soviet Rusia masih akan tersedia.

Meskipun, ia mengakui bahwa barang-barang itu mungkin sedikit lebih mahal.

"Ini akan sedikit lebih mahal bagi mereka, tetapi ini adalah orang-orang yang sudah mengendarai Mercedes 600 dan mereka masih akan melakukannya."

"Saya dapat meyakinkan Anda bahwa mereka akan membawanya dari mana saja, dari negara mana pun," kata Putin, Kamis, dilansir Reuters.

Putin mengatakan, Rusia masih membutuhkan akses ke teknologi maju dari ekonomi maju.

"Kami tidak akan memisahkan diri dari ini - mereka ingin memeras kami sedikit, tetapi di dunia modern ini sama sekali tidak realistis, tidak mungkin," ucapnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas