Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Disebut Punya Dua Jenis Vaksin Monkeypox, Jynneos dan ACAM2000

Direktur CDC AS mengatakan AS telah mempersiapkan antisipasi wabah virus seperti cacar monyet (Monkeypox) selama beberapa dekade.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in AS Disebut Punya Dua Jenis Vaksin Monkeypox, Jynneos dan ACAM2000
Freepik
ilustrasi vaksin. AS Disebut Punya Dua Jenis Vaksin Monkeypox, Jynneos dan ACAM2000 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, ATLANTA - Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), Dr. Rochelle Walensky mengatakan pada pekan lalu bahwa AS telah mempersiapkan antisipasi wabah virus seperti cacar monyet (Monkeypox) selama beberapa dekade.

AS mengklaim memiliki jutaan dosis vaksin dalam cadangan strategis nasionalnya yang melindungi terhadap Monkeypox dan cacar serta pil antivirus untuk mengobati penyakit tersebut.

Baca juga: Cegah Penyebaran Monkeypox, AS Kirim Vaksin ke Kelompok Berisiko Tinggi




Dikutip dari laman CNBC, Minggu (5/6/2022), Dawn O'Connell, yang memimpin kantor Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan yang bertanggung jawab atas cadangan strategis nasional AS menyampaikan pada Jumat lalu bahwa negara itu memiliki cukup vaksin untuk mengelola wabah Monkeypox saat ini.

Kendati demikian, O'Connell tidak akan mengungkapkan berapa banyak dosis yang telah disiapkan AS.

Staf medis yang mengenakan peralatan pelindung memasuki area karantina pusat LSM medis Internasional Doctors Without Borders (Medecins sans frontieres - MSF), di Zomea Kaka, di wilayah Lobaya, di Republik Afrika Tengah pada 18 Oktober 2018.
Staf medis yang mengenakan peralatan pelindung memasuki area karantina pusat LSM medis Internasional Doctors Without Borders (Medecins sans frontieres - MSF), di Zomea Kaka, di wilayah Lobaya, di Republik Afrika Tengah pada 18 Oktober 2018. (CHARLES BOUESSEL / AFP)

Ada 2 jenis vaksin yang kini dimiliki negara itu, namun opsi yang lebih disukai adalah vaksin yang memiliki pasokan lebih sedikit.

Jynneos adalah vaksin dua dosis yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS pada 2019 lalu untuk mencegah Monkeypox pada orang berusia 18 tahun ke atas.

CDC umumnya merekomendasikan vaksin Jynneos dibandingkan pilihan lainnya yakni ACAM2000, yang merupakan vaksin cacar generasi tua yang dapat menimbulkan efek samping serius.

Baca juga: Pakar Epidemiologi Sarankan Anak Usia 6 sampai 18 Tahun Dapat Vaksin Booster Covid-19 

BERITA TERKAIT

Pekan lalu, pejabat CDC Dr. Jennifer McQuiston mengatakan bahwa AS memiliki 1.000 dosis Jynneos yang tersedia.

Namun, perusahaan bioteknologi Denmark yang memproduksi vaksin itu, Bavarian Nordic menyampaikan AS sebenarnya memiliki pasokan lebih dari 1 juta dosis beku Jynneos yang disimpan di negara itu dan di Denmark berdasarkan pesanan yang dilakukan pada April 2020.

Dosis tersebut pun memiliki umur simpan selama 3 tahun.

"AS telah memesan hampir 30 juta dosis Jynneos sejak 2010, namun 28 juta diantaranya telah kedaluwarsa. Bavarian Nordic berencana untuk meningkatkan produksi pada musim panas ini dan memiliki kapasitas untuk memproduksi 30 juta dosis per tahun," kata Juru bicara Bavarian Nordic.

Baca juga: CDC Temukan Jenis Cacar Monyet yang Tidak Terdeteksi, Kemungkinan Pernah Menyebar di AS

Selain Jynneos, pemerintah AS juga memiliki persediaan lebih dari 100 juta dosis ACAM2000 yang diproduksi oleh Emergent BioSolutions.

Dr. McQuiston mengatakan pada pekan lalu bahwa AS telah merilis 500 dosis Jynneos dan 200 dosis ACAM2000 pada Selasa lalu.

Menurut CDC, AS juga telah mengirimkan 100 kursus tecovirmat antivirus oral ke negara bagian.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas