Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jejak Kehadiran Kolonel Polandia Ditemukan di Kota Severodonetsk Ukraina

Dokumen tersebut berisi data diri Kolonel Dariusz Majchrzak, ditemukan di sebuah mobil KIA Sorento di Severodonetsk.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Jejak Kehadiran Kolonel Polandia Ditemukan di Kota Severodonetsk Ukraina
AFP/ARIS MESSINIS
Asap dan kotoran membubung di kota Severodonetsk selama pertempuran antara pasukan Ukraina dan Rusia di wilayah Donbas, Ukraina timur pada 2 Juni 2022. (Photo by ARIS MESSINIS / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, SEVERODONETSK – Situs analisis intelijen Southfront.org mempublikasikan temuan dokumen, jejak kehadiran seorang kolonel militer Polandia di Severodonetsk, Ukraina.

Kota ini jadi pertahanan kuat pasukan Ukraina di wilayah timur, sesudah Mariupol jatuh. Dokumen menyerupai paspor atau BPKB itu ditemukan tentara Rusia pada 6 Mei 2022.

Dokumen tersebut berisi data diri Kolonel Dariusz Majchrzak, ditemukan di sebuah mobil KIA Sorento yang ditinggalkan penumpangnya saat pasukan Rusia menggempur bagian kota itu.

Dokumen tersebut mengkonfirmasi ada perwira militer anggota NATO dikerahkan di Severodonetsk dan sekarang diduga bersembunyi di pabrik kimia Azot.

Dokumen Kolonel Polandia
Bagian dokumen menunjukkan jenis mobil KIA Sorento atas nama seorang kolonel asal Polandia. Dokumen nitu ditemukan di Severodonetsk oleh tentara Rusia pada 6 Mei 2022.

Baca juga: Pejabat Ukraina: Sekitar 80 Persen dari Severodonetsk Diduduki oleh Pasukan Rusia

Baca juga: Zelensky Akui Serangan Balik untuk Rebut Kembali Severodonetsk Berisiko Besar

Baca juga: Dua Jurnalis Terluka saat Hendak ke Severodonetsk dengan Kendaraan yang Disediakan Pasukan Pro Rusia

Tidak jelas apakah kendaraan itu milik Dariusz Majchrzak, pernah digunakannya, atau milik orang lain yang membawa perwira itu.

Kolonel Dariusz Majchrzak adalah Wakil Rektor Bidang Militer Universitas Studi Perang, ASzWoj, di Polandia. Dia belajar di Akademi Perwira di Wroclaw, bertugas di Divisi Kavaleri Lapis Baja ke-11.

Dia telah berulang kali berpartisipasi dalam organisasi dan pelaksanaan latihan militer baik di tingkat nasional maupun internasional.

BERITA REKOMENDASI

Pada 2005-2006, ia menjabat sebagai spesialis senior Grup Penasehat dan Pelatihan Divisi sebagai bagian dari kontingen militer Polandia di Republik Irak.

Foto yang diambil pada 5 Juni 2022 ini menunjukkan asap setelah beberapa ledakan menghantam ibu kota Ukraina, Kyiv, dini hari. -
Foto yang diambil pada 5 Juni 2022 ini menunjukkan asap setelah beberapa ledakan menghantam ibu kota Ukraina, Kyiv, dini hari. - "Beberapa ledakan di distrik kota Darnytsky dan Dniprovsky. Layanan padam," kata Walikota Kyiv di Telegram. (Photo by Sergei SUPINSKY / AFP) (AFP/SERGEI SUPINSKY)

Penelitian ilmiahnya didedikasikan untuk masalah keamanan nasional dan internasional. Dia mempelajari ancaman modern, manajemen krisis, terutama di Uni Eropa dan di Polandia.

Southfront masih belum menyebutkan spekulasi Kolonel Dariusz Majchrzak mungkin terbunuh atau mungkin dia masih di Severodonetsk.

Atau apakah dia sudah meninggalkan kota itu dan keluar dari Ukraina. Dokumen tersebut dapat dianggap sebagai bukti pertama partisipasi militer Polandia dalam perang melawan Rusia.

Pada 24 Mei, muncul video pendek berisi rekaman seseorang mengenakan seragam tempur, mengaku instruktur militer asal AS. Ia terlihat di kota Krivoy Rog di Ukraina.

Seorang penduduk setempat merekamnya saat ia seperti hendak menggunakan mesin ATM. Ia di kanal Telegram “Kherson Bulletin”, mengaku dari Kalifornia.

Misteri Peran Langsung NATO

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas