Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PM Inggris Boris Johnson Selamat dari Mosi Tidak Percaya

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson selamat dari mosi tidak percaya, dengan 211 berbanding 148 suara.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Miftah
zoom-in PM Inggris Boris Johnson Selamat dari Mosi Tidak Percaya
Adrian DENNIS / AFP / POOL
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengadakan konferensi pers untuk pembaruan Covid-19 terbaru di ruang pengarahan Downing Street di London pusat pada 8 Desember 2021. - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson selamat dari mosi tidak percaya. 

TRIBUNNEWS.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson selamat dari mosi tidak percaya yang diadakan oleh partainya sendiri.

Meski begitu, ada pemberontakan signifikan terhadap kepemimpinannya.

Terlepas dari ketidakpuasan mendalam di dalam Partai Konservatifnya, Johnson memenangkan mosi percaya pada hari Senin (6/6/2022) dengan 211 berbanding 148 suara.

Memenangkan pemungutan suara berarti Johnson sekarang aman dari tantangan kepemimpinan untuk satu tahun lagi.

Namun, pemberontakan oleh 148 dari 359 legislator Partai Konservatif telah memberikan pukulan serius terhadap otoritasnya.

Baca juga: Inggris Bakal Kirimi Ukraina Peluncur Roket M270 yang Dapat Menyerang Target hingga 80 KM

Baca juga: Otoritas Kesehatan Inggris Rilis Foto Kulit Penderita Monkeypox

Johnson melakukan putaran positif untuk selamat dari mosi tidak percaya, dengan mengatakan kemenangannya yang "meyakinkan" dan "menentukan" sekarang akan memungkinkan negara untuk terus maju.

"Saya pikir ini adalah hasil yang meyakinkan, hasil yang menentukan dan apa artinya bahwa sebagai pemerintah kita dapat bergerak dan fokus pada hal-hal yang menurut saya benar-benar penting bagi rakyat," kata Johnson, dikutip dari Al Jazeera.

BERITA TERKAIT

Sebelum pemungutan suara, pejabat Partai Konservatif Graham Brady mengatakan dia telah menerima surat yang menyerukan mosi tidak percaya pada Johnson dari setidaknya 54 anggota parlemen Partai Konservatif – cukup untuk memicu tindakan di bawah aturan partai.

Johnson perlu memenangkan dukungan mayoritas sederhana dari 359 legislator Konservatif di parlemen Inggris untuk tetap berkuasa.

Jika Johnson gagal mengamankan mayoritas itu, partai tersebut akan terpaksa memilih pemimpin baru yang juga akan menjadi perdana menteri berikutnya.

Apa yang selanjutnya dilakukan Boris Johnson?

Mengutip CNN, secara konvensional, memenangkan mosi tidak percaya berarti bahwa seorang pemimpin Konservatif kebal dari tantangan semacam itu selama 12 bulan lagi.

Namun, desas-desus sudah beredar bahwa anggota parlemen, yang marah karena pemungutan suara terjadi terlalu cepat di mata mereka, mencari cara agar aturan dapat ditulis ulang.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara selama konferensi pers virtual tentang pandemi Covid-19, di dalam 10 Downing Street di pusat kota London pada 27 Januari 2021.
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berbicara selama konferensi pers virtual tentang pandemi Covid-19, di dalam 10 Downing Street di pusat kota London pada 27 Januari 2021. (Geoff PUGH / POOL / AFP)

Ketika popularitas Johnson terus menurun, dia membawa nomor jajak pendapat partai bersamanya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas