Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pentagon Akui AS Turut Danai dan Kembangkan 40 Biolab di Ukraina

Menurut Pentagon, AS telah bekerja secara kolaboratif untuk meningkatkan keamanan aspek biologis di Ukraina.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Pentagon Akui AS Turut Danai dan Kembangkan 40 Biolab di Ukraina
AFP/ARIS MESSINIS
Asap dan kotoran membubung di kota Severodonetsk selama pertempuran antara pasukan Ukraina dan Rusia di wilayah Donbas, Ukraina timur pada 2 Juni 2022. (Photo by ARIS MESSINIS / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Pemerintah AS telah mendukung 46 fasilitas penelitian biologi di Ukraina selama 20 tahun terakhir.

Mereka menyatakan proyek itu bagian proyek kesehatan masyarakat yang damai daripada untuk mengembangkan senjata.

Pentagon menyatakan konfirmasi itu, Kamis (9/6/2022). Militer AS menuduh Rusia dan Cina “menyebarkan disinformasi dan menabur ketidakpercayaan” upaya membersihkan senjata pemusnah massal (WMD).

Situs Russia Today menyebut ini pertama kalinya Departemen Pertahanan AS mengungkapkan jumlah pasti fasilitas semacam itu yang telah didukung pemerintahnya di Ukraina.

Baca juga: Media Rusia Sebut Ada Lab Virus Berbahaya di Jakarta, Lokasinya di Tengah Perkampungan Padat

Baca juga: Ukraina Gunakan Artileri Berat Kiriman Barat untuk Gempur Target Sipil di Donbass

Penjelasan dituangkan lewat dokumen berjudul Lembar Fakta tentang Upaya Pengurangan Ancaman WMD.

Menurut Pentagon, AS telah bekerja secara kolaboratif untuk meningkatkan keamanan aspek biologis di Ukraina.

Hal itu meliputi keamanan dan pengawasan penyakit untuk kesehatan manusia dan hewan. Dukungan diberikan ke 46 laboratorium Ukraina, fasilitas kesehatan, dan situs diagnostik penyakit selama dua decade terakhir.

BERITA REKOMENDASI

Program-program ini berfokus pada meningkatkan kesehatan masyarakat dan langkah-langkah keamanan pertanian di ujung nonproliferasi.

Pekerjaan biolab ini sering dilakukan dalam kemitraan dengan badan-badan seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE).

Pentagon mengklaim konsisten menjalankan praktik dan norma terbaik internasional dalam menerbitkan hasil penelitian.

Mereka juga bermitra dengan internasional kolega dan organisasi multilateral, dan secara luas mendistribusikan penelitian dan temuan kesehatan masyarakat mereka.

Bulan lalu, militer Rusia mengatakan hanya tiga laboratorium di Ukraina yang memiliki tingkat keamanan yang diperlukan untuk melakukan jenis penelitian yang mereka lakukan.

Kepala Pasukan Perlindungan Radioaktif, Kimia, dan Biologis Letnan Jenderal Igor Kirillov mengutip laporan pemerintah Ukraina, serangkaian masalah terjadi di salah satu fasilitas di Odessa.

Dalam serangkaian pengarahan yang dimulai pada bulan Maret, militer Rusia telah mempresentasikan bukti keterlibatan Pentagon dalam mendanai laboratorium di Ukraina.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas