Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ukraina Serang Anjungan Pengeboran Minyak di Laut Hitam, 3 Orang Terluka dan 7 Dilaporkan Hilang

Gubernur Krimea mengatakan Ukraina telah menyerang anjungan pengeboran minyak di Laut Hitam. Akibatnya, tiga orang terluka dan tujuh lainnya hilang.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Ukraina Serang Anjungan Pengeboran Minyak di Laut Hitam, 3 Orang Terluka dan 7 Dilaporkan Hilang
CNBC
Anjungan minyak lepas pantai (oil rig) milik perusahaan minyak Rusia. - Ukraina disebut telah menyerang anjungan pengeboran minyak di Laut Hitam yang menyebabkan tiga orang terluka dan tujuh lainnya hilang. 

TRIBUNNEWS.COM - Gubernur Krimea yang dikuasai Moskow mengatakan bahwa Ukraina menembaki tiga anjungan pengeboran minyak di Laut Hitam di lepas semenanjung yang dicaplok Rusia.

Ukraina menyerang sebuah perusahaan minyak dan gas Chernomorneftegaz yang berbasis di Krimea.

Serangan itu melukai tiga orang dan tujuh lainnya masih hilang.




“Kami mengkonfirmasi bahwa ada tiga yang terluka dan tujuh dilaporkan hilang. Kami menjamin pencarian akan terus berlanjut, ”kata Gubernur Sergey Aksyonov di Telegram pada hari Senin, Senin (20/6/2022), seperti dilansir Al Jazeera.

Ini adalah serangan pertama yang dilaporkan terhadap infrastruktur energi lepas pantai di Krimea sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Baca juga: Vladimir Putin Tegaskan Sanksi Barat Tak Mampu Runtuhkan Ekonomi Rusia

Baca juga: Kelompok Separatis yang Didukung Rusia Klaim Telah Rebut Desa di Selatan Sievierodonetsk

Aksyonov, yang dilantik oleh Rusia sebagai gubernur semenanjung setelah pencaplokan 2014 oleh Moskow, sebelumnya mengatakan lima orang terluka dalam serangan itu sebelum merevisi jumlah korban.

Dia mengatakan tiga platform menjadi sasaran, memicu evakuasi 94 orang di lokasi.

BERITA TERKAIT

Sementara 15 tentara tetap menjaga mereka.

Operasi pencarian dan penyelamatan terus dilakukan melalui udara dan laut, katanya.

Chernomorneftegaz, yang disetujui oleh Amerika Serikat sejak 2014, mengoperasikan beberapa ladang gas dan minyak di Laut Hitam dan di Laut Azov.

Aksyonov mengatakan bahwa satu platform telah terkena, dan Olga Kovitidi, seorang senator Rusia untuk Krimea, mengatakan kepada agen RIA Novosti bahwa tidak ada korban di dua platform lain yang menjadi sasaran serangan itu.

Militer Ukraina mengatakan gudang makanan di pelabuhan Laut Hitam Odesa hancur dalam serangan rudal Rusia, tetapi tidak ada warga sipil yang tewas.

Kota ini telah dibombardir secara sporadis sejak awal perang dan diblokade oleh angkatan laut Rusia, sementara masing-masing pihak saling menuduh meletakkan ranjau di laut.

Komando Operasi "Selatan" Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah menembakkan 14 rudal ke Ukraina selatan selama rentetan tiga jam "dalam kemarahan yang tak berdaya atas keberhasilan pasukan kami".

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas