Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

5 FAKTA Pulau Ular yang Berhasil Direbut Kembali Ukraina dari Pasukan Rusia

Pasukan Ukraina dilaporkan berhasil mengusir tentara Rusia dari Pulau Ular, Kamis (30/6/2022), berikut ini 5 lima hal yang perlu diketahui.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in 5 FAKTA Pulau Ular yang Berhasil Direbut Kembali Ukraina dari Pasukan Rusia
AFP/Getty Image
Pulau ular di timur Ukraina. Diketahui, Pasukan Ukraina dilaporkan berhasil mengusir tentara Rusia dari Pulau Ular, Kamis (30/6/2022), berikut ini 5 lima hal yang perlu diketahui. 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Rusia mundur dari Pulau Ular di Laut Hitam, Kamis (30/6/2022).

Rusia menyebut situasi ini menunjukkan Moskow tidak berusaha untuk menghalangi upaya PBB untuk mengatur koridor untuk ekspor produk makanan Ukraina.

"Pagi ini, Kamis 30 Juni, pasukan Ukraina meluncurkan gelombang serangan jarak jauh terhadap Pulau Zminy yang diduduki Federasi Rusia (RF)," jelas pernyataan Pasukan Gabungan Selatan (JFS).

Baca juga: Pasukan Rusia Melarikan Diri dari Pulau Ular Setelah Serangan Artileri Ukraina

Dilansir Kyivpost, JFS mengonfirmasi bahwa rudal Angkatan Bersenjata Ukraina (UAF) dan unit artileri melakukan setidaknya 150 misi tembakan ke Pulau Ular atau dikenal dengan Pulau Zmiyny.

Pasukan Rusia menduduki pulau strategis Laut Hitam barat seluas 1,5 kilometer persegi pada hari pertama perang di Ukraina.

Pulau Ular di Ukraina. Lebih jauh, Pasukan Ukraina dilaporkan berhasil mengusir tentara Rusia dari Pulau Ular, Kamis (30/6/2022), berikut ini 5 lima hal yang perlu diketahui.
Pulau Ular di Ukraina. Lebih jauh, Pasukan Ukraina dilaporkan berhasil mengusir tentara Rusia dari Pulau Ular, Kamis (30/6/2022), berikut ini 5 lima hal yang perlu diketahui. (istimewa)

“Aspek yang paling signifikan adalah bahwa ini dapat membuka pintu bagi ekspor biji-bijian Ukraina dari Odesa, yang sangat penting bagi ekonomi Ukraina dan untuk pasokan makanan global,” kata Rob Lee dari Institut Penelitian Kebijakan Luar Negeri yang berbasis di Amerika Serikat (AS), dikutip Al Jazeera.

Mengangkat blokade pelabuhan Ukraina telah menjadi tujuan utama Barat.

BERITA TERKAIT

Tetapi, beberapa pakar militer mengatakan bahwa mengusir Rusia dari Pulau Ular tidak dengan sendirinya cukup untuk membuka blokir pelabuhan.

Rusia masih bisa mencegat kapal kargo di laut.

Baca juga: Soal Pertukaran Tawanan Perang dengan Ukraina, Rusia: Hal Utama bagi Kami

Berikut adalah lima hal yang perlu diketahui tentang pulau dan kepentingan strategisnya.

1. Pertempuran untuk Laut Hitam

Sebuah singkapan berbatu sekitar 35 km (22 mil) dari ujung barat daya Ukraina, Pulau Ular terletak di dekat Delta Danube dan dekat dengan perbatasan laut dengan Rumania, anggota NATO.

Pulau Ular memiliki nilai strategis untuk mengendalikan Laut Hitam barat laut, kota-kota pesisirnya, dan rute pelayaran yang merupakan bagian dari rantai pasokan biji-bijian dunia.

Penarikan Rusia dari pulau itu dapat mengurangi blokadenya terhadap ekspor Ukraina yang memberi makan beberapa negara termiskin di dunia.

Baca juga: Jokowi: Presiden Putin Jamin Keamanan Pangan dan Pupuk dari Rusia Maupun Ukraina

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas