Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

5 Poin Penting Hasil Pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin di Rusia

Lima poin penting pertemuan Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin Moskow kemarin.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in 5 Poin Penting Hasil Pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin di Rusia
BPMI Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) saat menyampaikan pernyataan bersama di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Presiden menyatakan siap menjadi jembatan komunikasi antara Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin agar kedua pihak mencapai perdamaian. BPMI Sekretariat Presiden/Laily Rachev 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin Moskow, Kamis (30/6/2022) waktu setempat.

Dalam kesempatan itu Vladimir Putin menyampaikan keluh kesahnya kepada Jokowi mengenai sanksi Amerika Cs kepada Rusia.

Vladimir Putin juga gembira atas kunjungan Jokowi sebagai teman lama.

"Saya sangat senang melihat Anda di Rusia, di Moskow. Saya tahu ini adalah kunjungan pertama Anda ke negara kami," tutur Putin dengan semringah seperti dikutip dari transkrip pembicaraan yang dipublikasikan Istana Kremlin.

Baca juga: Pernyataan Lengkap Putin dalam Keterangan Pers Bersama Jokowi, Tak Singgung Soal Ukraina?

Berikut 5  poin penting dari pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin.

1. Ajak Akhiri Perang

Presiden Jokowi menegaskan kepentingan Indonesia hanyalah agar perang segera diakhiri.

BERITA TERKAIT

“Indonesia tidak punya kepentingan apa pun, kecuali perang dapat segera selesai,” kata Presiden Joko Widodo di salah satu poin pernyataannya, Kamis (30/6/2022).

Jokowi mengatakan perang harus selesai agar rantai pasokan pangan dan pupuk dapat segera diperbaiki. Sebab, urusan pangan menyangkut kehidupan banyak orang.

Karena itu, Jokowi pun mengajak seluruh pemimpin dunia untuk bekerja sama untuk menghidupkan kembali semangat multilateralisme, semangat perdamaian dan semangat untuk bekerja sama.

“Hanya dengan spirit itulah, perdamaian dapat dicapai,” kata Jokowi yang sehari sebelumnya telah menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

2. Jaminan Rusia untuk Jalur Ekspor Pangan Dari Ukraina

Jokowi juga membagikan berita baik terkait rantai pasok dunia itu.

Menurut Jokowi, Putin telah memberikan jaminan keamanan untuk jalur produk ekspor Ukraina, terutama yang melalui jalur laut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas