Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bertemu Putin, Presiden Joko Widodo : 'Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina'

Meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai Rusia-Ukraina penting untuk terus dikedepankan dan ruang dialog terus dibuka

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Bertemu Putin, Presiden Joko Widodo : 'Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina'
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Rusia, Kamis (30/2022) waktu setempat. Presiden Joko Widodo mengatakan,  konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan,  konstitusi Indonesia mengamanatkan agar Indonesia selalu berusaha berkontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia.

Hal itu disampaikan Presiden saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Kamis, (30/6/2022).

“Isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dalam konteks inilah, saya lakukan kunjungan ke Kyiv dan Moskow,” kata Presiden saat menyampaikan keterangan pers bersama dengan Presiden Putin.

Jokowi menambahkan, meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus dibuka.

“Saya telah sampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara dua pemimpin tersebut,” ucap Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi : Isu Perdamaian dan Kemanusiaan Menjadi Prioritas Politik Luar Negeri Indonesia

Sebelumnya Presiden bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, pada Rabu, (29/6/2022).

BERITA TERKAIT

Dalam kunjungan kenegaraan  tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa kedatangannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Rusia, Kamis, (29/6/2022) waktu setempat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Rusia, Kamis, (30/6/2022)  (Sekretariat Presiden)

Presiden menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas