Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Uji Coba Rudal Hipersonik Amerika di Hawaii Berakhir dengan Kegagalan

Uji coba rudal hipersonik AS yang berlangsung di Hawaii dilaporkan gagal, Rabu (29/6/2022), Departemen Pertahanan sebut ada anomali saat pengapian.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Uji Coba Rudal Hipersonik Amerika di Hawaii Berakhir dengan Kegagalan
Twitter
Sebuah penerbangan uji coba rudal hipersonik Amerika berakhir dengan kegagalan di Hawaii pada Rabu (29/6/2022). Diketahui, Departemen Pertahanan sebut ada anomali saat pengapian. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah penerbangan uji coba rudal hipersonik Amerika berakhir dengan kegagalan di Hawaii pada Rabu (29/6/2022), Bloomberg melaporkan mengutip Pentagon.

Dilansir RT News, Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) memberikan beberapa rincian tentang apa yang terjadi, hanya menyatakan bahwa sebuah anomali terjadi setelah pengapian aset uji.

"Sementara Departemen tidak dapat mengumpulkan data secara keseluruhan dari profil penerbangan yang direncanakan, informasi yang dikumpulkan dari peristiwa ini akan memberikan wawasan penting," kata juru bicara Pentagon Letnan Komandan Angkatan Laut Tim Gorman seperti dikutip oleh kantor berita RT.

Baca juga: AS, Jepang, serta Korea Selatan Bertemu di Hawaii untuk Bahas Uji Coba Rudal Korea Utara

Uji coba rudal hipersonik Amerika
Sebuah penerbangan uji coba rudal hipersonik Amerika berakhir dengan kegagalan di Hawaii pada Rabu (29/6/2022), Bloomberg melaporkan mengutip Pentagon.

Tes yang gagal adalah bagian dari program Conventional Prompt Strike (CPS), di mana Lockheed Martin mencoba mengembangkan senjata yang mampu terbang dengan kecepatan Mach 5 dan lebih tinggi, untuk penggunaan kapal selam dan kapal permukaan.

Pengembangan itu mengalami kemunduran lain pada Oktober 2021, ketika roket pendorong gagal mengirimkan kendaraan luncur hipersoniknya selama tes di Kompleks Pelabuhan Luar Angkasa Pasifik di Kodiak, Alaska.

Booster itu bukan bagian dari sistem senjata, pejabat pertahanan menekankan pada saat itu.

Baca juga: Rusia Ancam Kerahkan Senjata Nuklir dan Rudal Hipersonik jika Swedia-Finlandia Gabung NATO

Dikutip CNN, ini adalah pertama kalinya seluruh sistem diuji, yang disebut tes All Up Round.

BERITA TERKAIT

Anomali itu mencegah Departemen Pertahanan menyelesaikan seluruh tes, tetapi Pentagon mengatakan itu bukan kegagalan total.

"Sementara Departemen tidak dapat mengumpulkan data secara keseluruhan dari profil penerbangan yang direncanakan, informasi yang dikumpulkan dari peristiwa ini akan memberikan wawasan penting," kata juru bicara Pentagon Lt. Cdr.

Bersaing dengan China dan Rusia dalam pengembangan senjata hipersonik

Terlepas dari kegagalan kedua tes tersebut, Pentagon mengatakan pihaknya tetap yakin bahwa mereka berada di jalur yang tepat untuk meluncurkan kemampuan hipersonik ofensif pada awal 2020-an.

AS telah berjuang untuk bersaing dengan China dan Rusia dalam pengembangan senjata hipersonik.

Ada sejumlah tes yang berhasil di bawah berbagai program Amerika, tetapi negara itu belum memiliki sistem modern dalam pelayanan.

Pentagon telah meningkatkan penekanan pada pengembangan senjata hipersonik setelah anggota parlemen menjadi khawatir bahwa AS tertinggal di belakang program China dan Rusia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas