Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

6 Orang Tewas dalam Penembakan Massal saat Parade Hari Kemerdekaan AS di Illinois

Enam orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam penembakan saat parade Hari Kemerdekaan AS di Highland Park, Illinois.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in 6 Orang Tewas dalam Penembakan Massal saat Parade Hari Kemerdekaan AS di Illinois
AFP
Petugas penegak hukum berkumpul di lokasi penembakan parade Empat Juli di Highland Park, Illinois pada 4 Juli 2022. Seorang penembak melepaskan tembakan Senin selama parade untuk menandai Hari Kemerdekaan AS di negara bagian Illinois, menewaskan sedikitnya enam orang, kata pejabat. 

TRIBUNNEWS.COM - Sedikitnya enam orang tewas dan puluhan lainnya terluka dalam penembakan di pinggiran Chicago, Amerika Serikat saat parade Hari Kemerdekaan, Senin (4/7/2022).

Penembakan tepatnya terjadi di Highland Park di Illinois, AS.

Seorang pejabat mengatakan, pria bersenjata melepaskan tembakan dari atap.




Pada konferensi pers, para pejabat mengatakan bahwa enam orang tewas dan 24 dibawa ke rumah sakit setelah serangan tengah hari dan sebuah senapan ditemukan dari tempat kejadian.

Sementara itu, seorang juru bicara rumah sakit kemudian melaporkan 31 orang terluka.

Beberapa jam setelah penembakan, pihak berwenang terus mencari tersangka, yang digambarkan sebagai pria kulit putih yang mengenakan kaus putih atau biru.

Baca juga: Tiga Orang Tewas dalam Penembakan di Mal Kopenhagen Denmark

Polisi kemudian mengidentifikasi Robert E Crimo III yang berusia 22 tahun sebagai orang yang terlibat dalam insiden tersebut, dengan mengatakan bahwa Crimo diyakini bersenjata dan berbahaya.

BERITA TERKAIT

Juru Bicara Satuan Tugas Kejahatan Utama Lake County Christopher Covelli mengatakan kepada wartawan bahwa pria bersenjata itu tampaknya menggunakan senapan bertenaga tinggi untuk menembak dari sebuah tempat di atas sebuah gedung di mana dia sangat sulit terlihat.

"Sangat rusuh, sangat disengaja dan hari yang sangat menyedihkan," kata Covelli, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera.

"Kami gencar mencari individu yang bertanggung jawab," tambahnya.

Lokasi penembakan di Highland Park, Illinois pada 4 Juli 2022.
Petugas penegak hukum berkumpul di lokasi penembakan parade Empat Juli di Highland Park, Illinois pada 4 Juli 2022. Seorang penembak melepaskan tembakan Senin selama parade untuk menandai Hari Kemerdekaan AS di negara bagian Illinois, menewaskan sedikitnya enam orang, kata pejabat.

“Dia bisa berada di kota. Dia (juga) bisa berada di tempat lain.”

Penembakan itu terjadi ketika Amerika Serikat berjuang untuk membendung lonjakan kekerasan senjata dan setelah serangkaian insiden mematikan baru-baru ini, termasuk pembantaian di sebuah sekolah dasar Texas.

AS telah memperbarui seruan untuk peraturan senjata yang lebih ketat di negaranya.

Serangan di Highland Park, sebuah komunitas dengan sekitar 30.000 penduduk sekitar 40km utara Chicago, Illinois, membuat ratusan peserta parade melarikan diri, dengan banyak meninggalkan kursi, kereta bayi, dan selimut.

Baca juga: Berita Foto : Kepanikan saat Terjadi Penembakan di Mal Copenhagen

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas