Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenal Program Abenomics yang Digagas Mendiang Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Mengenal program Abenomics yang digagas mendiang mantan PM Jepang Shinzo Abe. Diketahui Shinzo Abe meninggal dunia setelah mengalami penembakan.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Mengenal Program Abenomics yang Digagas Mendiang Mantan PM Jepang Shinzo Abe
AFP/TOSHIHARU OTANI
Mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe. Diketahui mendiang Shinzo Abe pernah menggagas Abenomic untuk menghidupkan kembali ekonomi Jepang. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kematian mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe setelah sempat kritis akibat mengalami penembakan pada bagian leher dan dada mengejutkan dunia.

Ia ditembak saat sedang menyampaikan pidatonya dalam kampanye untuk anggota partainya di Kota Nara pada Jumat siang, sekitar pukul 11.30 waktu setempat.




Selama masa pemerintahannya, Abe paling dikenal dengan rencananya untuk menghidupkan kembali ekonomi Jepang yang lesu melalui pelonggaran moneter yang belum pernah terjadi sebelumnya dan reformasi peraturan yang akhirnya diberi label 'Abenomics'.

Lalu apa itu Abenomics?

Dikutip dari laman www.thebusinessprofessor.com, Jumat (8/7/2022), Abenomics merupakan istilah ekonomi yang berasal dari Jepang karena 'dianjurkan dan diundangkan' oleh Shinzo Abe.

Baca juga: Menlu AS Antony Blinken Sampaikan Keprihatinan Atas Penembakan Shinzo Abe Saat Bertemu Retno Marsudi

Abenomics adalah kebijakan ekonomi yang digunakan oleh Jepang di bawah pemerintahan Abe, yang akhirnya mampu menarik negara itu keluar dari deflasi yang dideritanya.

BERITA TERKAIT

Untuk menarik Jepang keluar dari deflasi, kebijakan ekonomi yang 'dibumbui' dengan reformasi struktural pun ia kembangkan.

Abenomics sering dilihat sebagai kebijakan agresif yang menyentuh situasi moneter dan fiskal negara.

Baca juga: Menlu Australia Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Eks PM Jepang Shinzo Abe

Sebagai bentuk kebijakan ekonomi, Abenomics berkaitan dengan peningkatan stimulus fiskal dan stimulus moneter dalam negeri melalui belanja pemerintah dan kebijakan bank sentral yang tidak konvensional.

Lalu apa prinsip yang dianut Abenomics?

Abenomics bertumpu pada tiga faktor vital yang bertujuan untuk menarik negara keluar dari deflasi yang secara konsisten diderita dalam beberapa dekade terakhir.

Ketiga faktor atau dasar tersebut meliputi stimulus moneter, stimulus fiskal dan reformasi struktural.

Abenomics diperkenalkan oleh Shinzo Abe pada awal masa jabatan keduanya.

Orang-orang berkerumun untuk mengambil koran tambahan yang melaporkan penembakan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe, di sepanjang jalan di Tokyo pada 8 Juli 2022. - Shinzo Abe ditembak di sebuah acara kampanye di kota Nara pada 8 Juli , kata seorang juru bicara pemerintah, ketika media lokal melaporkan bahwa perdana menteri terlama di negara itu tidak menunjukkan tanda-tanda vital.
 (Photo by JIJI PRESS / AFP) / Japan OUT
Orang-orang berkerumun untuk mengambil koran tambahan yang melaporkan penembakan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe, di sepanjang jalan di Tokyo pada 8 Juli 2022.  Shinzo Abe ditembak di sebuah acara kampanye di kota Nara pada 8 Juli , kata seorang juru bicara pemerintah, ketika media lokal melaporkan bahwa perdana menteri terlama di negara itu tidak menunjukkan tanda-tanda vital. (Photo by JIJI PRESS / AFP) / Japan OUT (AFP/STR)
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas