Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kanselir Jerman Terkejut dan Sangat Berduka Mendengar Shinzo Abe Tewas Tertembak

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan dirinya terkejut saat mendengar kematian Shinzo Abe, salah satu tokoh paling berpengaruh di Jepang. 

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Kanselir Jerman Terkejut dan Sangat Berduka Mendengar Shinzo Abe Tewas Tertembak
JOHN THYS / AFP
Kanselir Jerman Terkejut dan Sangat Berduka Mendengar Shinzo Abe Tewas Tertembak 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, BERLIN - Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan dirinya terkejut saat mendengar kematian Shinzo Abe, salah satu tokoh paling berpengaruh di Jepang. 

Ia pun menyampaikan rasa simpati dan solidaritasnya terhadap rakyat Jepang terkait insiden penembakan yang menewaskan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang ini.

Baca juga: Joe Biden Kenal Saat Jadi Wapres Obama, Terkesan Pada Shinzo Abe yang Dedikasikan Hidup untuk Rakyat

"Serangan mematikan terhadap Shinzo Abe telah membuat saya terkejut dan sangat sedih," cuit Scholz dalam akun Twitternya.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Sabtu (9/7/2022), Scholz kemudian menuturkan bahwa dirinya telah menyampaikan duka cita mendalam kepada keluarga Abe dan Perdana Menteri Jepang saat ini, Fumio Kishida.

"Saya menyampaikan simpati yang mendalam kepada keluarganya, kolega saya Fumio Kishida dan teman-teman Jepang kami. Kami mendukung Jepang di saat-saat sulit ini," tegas Scholz.

Sementara itu, pendahulu Scholz, mantan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah bahwa dirinya sangat 'terkejut' mengetahui kematian mantan koleganya itu.

Baca juga: Pagi Ini Jenazah Mantan PM Jepang Shinzo Abe Dibawa ke Kediamannya di Shibuya Tokyo

BERITA REKOMENDASI

Perlu diketahui, mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, salah satu pemimpin paling berpengaruh dalam sejarah pascaperang Jepang, dinyatakan meninggal dunia pada Jumat sore waktu setempat.

Mantan PM Jepang Shinzo Abe yang sudah pingsan tidak sadar ditandu ke dalam mobil ambulance siang ini (8/7/2022) setelah tertembak sekitar jam 11:30 waktu Jepang.
Mantan PM Jepang Shinzo Abe yang sudah pingsan tidak sadar ditandu ke dalam mobil ambulance siang ini (8/7/2022) setelah tertembak sekitar jam 11:30 waktu Jepang. (Foto Richard Susilo)

Ia menghembuskan nafas terakhirnya setelah ditembak saat sedang menyampaikan pidatonya dalam kampanye untuk anggota partainya di kota Nara.

Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida sebelumnya menggambarkan bahwa Abe sedang dalam 'kondisi serius' setelah tidak sadarkan diri pasca mengalami tembakan pada bagian leher dan dada.

Beberapa jam setelah penembakan, Abe dinyatakan meninggal pada usia 67 tahun.

Terkait jejak politiknya, Abe merupakan Perdana Menteri terlama di Jepang, dengan dua masa jabatan dari periode 2006 hingga 2007 dan 2012 hingga 2020.

Gambar ini diambil dari video yang diberikan oleh saksi Toshiharu Otani dan dirilis melalui Jiji Press menunjukkan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan pidato kampanye pemilihan di alun-alun stasiun Kintetsu Yamato-Saidaiji di Nara sebelum dia ditembak. - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah dipastikan tewas setelah dia ditembak di sebuah acara kampanye di kota Nara pada tanggal 8 Juli 2022, lembaga penyiaran publik NHK dan kantor berita Jiji melaporkan. (Photo by Toshiharu Otani / JIJI PRESS / AFP)
Gambar ini diambil dari video yang diberikan oleh saksi Toshiharu Otani dan dirilis melalui Jiji Press menunjukkan mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan pidato kampanye pemilihan di alun-alun stasiun Kintetsu Yamato-Saidaiji di Nara sebelum dia ditembak. - Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah dipastikan tewas setelah dia ditembak di sebuah acara kampanye di kota Nara pada tanggal 8 Juli 2022, lembaga penyiaran publik NHK dan kantor berita Jiji melaporkan. (Photo by Toshiharu Otani / JIJI PRESS / AFP) (AFP/TOSHIHARU OTANI)

Masa jabatan Abe diwarnai oleh skandal dan perselisihan, dan ia akhirnya mengundurkan diri dengan alasan kesehatan yang buruk.

Dirinya kemudian mengakui bahwa ia sedang menderita penyakit yang didiagnosis sebagai kolitis ulserativa.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas