Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pejabat Ukraina: 3 Orang Tewas dan 15 Lainnya Terluka dalam Serangan Rudal Rusia di Dnipro

Serangan pasukan Rusia menghantam kota Dnipro, Jumat (15/7/2022), sedikitnya 3 orang tewas dan 15 lainnya terluka, kerugian masih belum ditentukan.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Pejabat Ukraina: 3 Orang Tewas dan 15 Lainnya Terluka dalam Serangan Rudal Rusia di Dnipro
Sergei SUPINSKY / AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara selama konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Luksemburg setelah pembicaraan di Kyiv pada 21 Juni 2022. Diketahui, serangan pasukan Rusia menghantam kota Dnipro, Jumat (15/7/2022), sedikitnya 3 orang tewas dan 15 lainnya terluka, kerugian masih belum ditentukan. 

TRIBUNNEWS.COM - Pejabat regional Ukraina mengungkapkan setidaknya tiga orang tewas dan 15 lainnya terluka dalam serangan rudal Rusia di kota Dnipro, Ukraina tengah pada Jumat (15/7/2022).

"Roket menghantam pabrik industri dan jalan ramai di sebelahnya," kata Gubernur Regional Valentyn Reznychenko  dalam halaman Facebooknya, dikutip Al Jazeera.

Dia menambahkan pihak berwenang tengah menghitung jumlah kerugian akibat serangan tersebut.

Dikutip Reuters, Angkatan Udara Ukraina mengatakan Rusia menembakkan rudal X-101 dari pesawat strategis Tupolev-95MS di bagian utara Laut Kaspia.

"Militer Ukraina menembak jatuh empat dari enam rudal yang ditembakkan ke kota dan wilayah itu dalam serangan malam," jelasnya.

Dikatakan rudal memiliki jangkauan 5.500 kilometer dan kecepatan 720 kilometer per jam.

Baca juga: UPDATE Perang Rusia Vs Ukraina Hari ke-143: 3 Orang Tewas dalam Serangan Rudal Rusia di Dnipro

Ilustrasi. Foto yang diambil pada 5 Juni 2022 ini menunjukkan asap setelah beberapa ledakan menghantam ibu kota Ukraina, Kyiv, dini hari.
Ilustrasi. Foto yang diambil pada 5 Juni 2022 ini menunjukkan asap setelah beberapa ledakan menghantam ibu kota Ukraina, Kyiv, dini hari. (AFP/SERGEI SUPINSKY)

Video yang diposting di media sosial menunjukkan gumpalan asap hitam tebal membubung dari gedung-gedung dan mobil yang terbakar.

BERITA TERKAIT

Terjadi sehari setelah serangan rudal Rusia di kota Vinnytsia

Serangan terhadap Dnipro terjadi sehari setelah serangan rudal Rusia menewaskan sedikitnya 23 orang dan melukai lebih dari 200 orang di Vinnytsia, sebuah kota di barat daya ibukota, Kyiv.

"Korban tewas di Dnipro termasuk seorang sopir bus kota," kata seorang pejabat setempat Ivan Vasyuchkov di halaman Facebook-nya.

“Laki-laki itu telah menyelesaikan hari kerjanya dan menuju ke depot untuk kembali bekerja pada jam 5 pagi besok. Dia tidak berhasil,” tulis Ivan Vasyuchkov.

“Dua anak telah ditinggalkan tanpa ayah. Seorang pria yang sangat muda, seusia saya, dia masih punya banyak waktu untuk hidup. Sama sekali tidak ada kata-kata,” tambahnya.

Baca juga: Pertemuan Menteri Keuangan G20 di Bali Berada di Bawah Bayang-bayang Perang Ukraina

Dalam beberapa pekan terakhir, Rusia menargetkan gedung-gedung di kota yang jauh dari garis depan pertempuran menggunakan rudal jarak jauh.

Serangan Rusia dilaporkan menewaskan puluhan orang di setiap kesempatan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas