Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berpidato di Kongres AS, Ibu Negara Ukraina Minta Lebih Banyak Bantuan Senjata

Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska berpidato di Kongres AS dan mengajukan lebih banyak bantuan sistem pertahanan udara AS untuk melawan rudal Rusia.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Berpidato di Kongres AS, Ibu Negara Ukraina Minta Lebih Banyak Bantuan Senjata
AFP
Ibu negara Ukraina Olena Zelenska menyampaikan pidatonya kepada anggota Kongres di Capitol Hill pada 20 Juli 2022 di Washington, DC. Dia berbicara tentang para korban perang yang sedang berlangsung melawan Ukraina dan meminta senjata dan sistem pertahanan udara untuk membantu upaya perang. Greg Nash - Pool/Getty Images/AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska, telah lama menjelaskan bahwa dia tidak memiliki keinginan pribadi untuk menjadi sorotan.

Namun pada hari Rabu (20/7/2022), dia berdiri di Gedung Kongres Amerika Serikat dan mengajukan lebih banyak bantuan sistem pertahanan udara AS untuk memblokir rudal Rusia.

Dia menunjukkan gambar-gambar gamblang kepada para legislator AS tentang jumlah korban pemboman Rusia atas anak-anak Ukraina.




Bagi Zelenska, istri Presiden Volodymyr Zelensky, penampilan tersebut ditutup selama seminggu di Washington, DC, yang menandai beberapa penampilannya yang paling terkenal dari perang lima bulan.

Kunjungan itu juga merupakan pertama kalinya kebanyakan orang Amerika melihatnya.

Baca juga: Moskow Tuding AS dan Inggris Ingin Perang Rusia-Ukraina Meluas ke Seluruh Daratan Eropa

Saat layar menampilkan korban termuda perang, Zelenska memohon untuk tidak ada lagi serangan rudal.

“Kami ingin tidak ada lagi serangan udara. Tidak ada lagi serangan rudal,” kata Zelenska kepada Partai Republik dan Demokrat, dilansir Al Jazeera.

BERITA TERKAIT

"Apakah ini terlalu banyak untuk diminta?"

Zelenska, berbicara kepada audiens yang termasuk Ketua DPR Nancy Pelosi dan Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, muncul di auditorium kongres yang sama di mana suaminya mendapat tepuk tangan meriah dari para politisi tiga minggu setelah invasi Rusia.

Ibu negara Ukraina Olena Zelenska berbicara di Kongres AS.
Ibu negara Ukraina Olena Zelenska berbicara kepada anggota Kongres di Auditorium Pusat Pengunjung di US Capitol pada 20 Juli 2022 di Washington, DC. Pool/Getty Images/AFP

Sementara Zelensky telah berbicara melalui video.

Zelensky telah memenangkan pujian dari para pendukungnya karena tetap tinggal di Kyiv sejak Rusia menyerang, berbicara setiap malam melalui alamat video.

Sedangkan Zelenska dan dua anak pasangan itu bersembunyi dari Zelensky karena alasan keamanan selama dua bulan pertama perang.

Zelenska bekerja sebagai penulis naskah untuk suaminya, seorang komedian dan aktor sebelum dia memenangkan kursi kepresidenan pada 2019.

Keduanya menikah pada tahun 2003.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas