Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS Laporkan Kasus Polio Pertama dalam Hampir Satu Dekade

Amerika Serikat melaporkan kasus polio pertamanya dalam hampir satu dekade. Kasus terdeteksi pada seorang penduduk Rockland County.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in AS Laporkan Kasus Polio Pertama dalam Hampir Satu Dekade
Rizwan TABASSUM / AFP
Seorang petugas kesehatan memberikan vaksin polio kepada seorang anak di daerah kumuh di Karachi, Pakistan pada 23 Mei 2022. - AS laporkan kasus polio pertama dalam hampir satu dekade. 

TRIBUNNEWS.COM - Amerika Serikat melaporkan kasus polio pertamanya dalam hampir satu dekade.

Pejabat kesehatan di negara bagian New York mengatakan, seorang pasien dinyatakan positif mengidap penyakit polio pada Kamis (21/7/2022)

Departemen kesehatan negara bagian mengatakan bahwa kasus polio terdeteksi pada seorang penduduk Rockland County, sekitar 48 km utara Manhattan.

Mengutip Al Jazeera, pengujian dari departemen kesehatan menunjukkan kasus virus yang sangat menular itu mungkin berasal dari luar AS.

"Kami memantau situasi dengan cermat dan bekerja sama dengan Departemen Kesehatan Negara Bagian New York dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, untuk menanggapi masalah kesehatan masyarakat yang muncul ini untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan penduduk daerah," kata Ruppert, Komisaris Kesehatan Kabupaten Rockland Patricia Schnabel.

Penyakit itu tidak lagi dianggap menular, tetapi para penyelidik mencoba mencari tahu bagaimana infeksi itu terjadi dan apakah orang lain terpapar.

Baca juga: Ghana Konfirmasi Kasus Virus Marburg Mirip Ebola, 2 Orang Meninggal

Para pejabat juga mengatakan kepada penyedia layanan kesehatan untuk mewaspadai lebih banyak kasus dan mendesak orang-orang di daerah yang tidak divaksinasi untuk mendapatkan suntikan.

BERITA REKOMENDASI

CDC, yang mengkonfirmasi kasus pada Kamis, mengatakan tidak ada kasus polio yang berasal dari AS sejak 1979.

Namun, virus telah dibawa ke negara itu oleh para pelancong dengan polio.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kasus polio terakhir di AS tercatat pada tahun 2013.

Dalam foto yang diambil pada 16 Februari 2016, seorang petugas kesehatan Pakistan menandai jari seorang anak setelah memberikan vaksin tetes polio di Karachi.
Dalam foto yang diambil pada 16 Februari 2016, seorang petugas kesehatan Pakistan menandai jari seorang anak setelah memberikan vaksin tetes polio di Karachi. (ASIF HASSAN / AFP)

Kasus terakhir terjadi pada tahun 2013 ketika seorang anak berusia 7 bulan yang baru saja pindah ke AS dari India didiagnosis di San Antonio, Texas, menurut pejabat kesehatan federal.

Polio pernah menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti di negara ini, dengan wabah tahunan yang menyebabkan ribuan kasus kelumpuhan.

Virus ini terutama menyerang anak-anak dan gejalanya termasuk sakit tenggorokan, demam, kelelahan dan mual, kata CDC.

Vaksin polio tersedia mulai tahun 1955, dan kampanye vaksinasi nasional memangkas jumlah tahunan kasus AS menjadi kurang dari 100 pada 1960-an dan kurang dari 10 pada 1970-an, menurut CDC.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas