Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Banjir Bandang di Iran Selatan Tewaskan 22 Orang, 1 Orang Dilaporkan Hilang

Iran Selatan dilanda banjir, 22 orang dilaporkan tewas dan 1 orang dikabarkan hilang.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Banjir Bandang di Iran Selatan Tewaskan 22 Orang, 1 Orang Dilaporkan Hilang
Mohammad Ali Mohammadi / AFP / TASNIM NEWS
Sebuah gambar yang diperoleh AFP dari kantor berita Iran Tasnim pada 23 Juli 2022, menunjukkan sebuah helikopter penyelamat diposisikan di tepi sungai, setelah banjir yang disebabkan oleh hujan lebat di daerah Estahban Iran selatan, yang dilaporkan menewaskan sedikitnya 22 orang. Iran telah mengalami kekeringan berulang selama dekade terakhir, tetapi juga banjir biasa, sebuah fenomena yang diperparah ketika hujan deras turun di bumi yang terpanggang matahari. 

TRIBUNNEWS.COM - Banjir di Iran selatan telah menewaskan sedikitnya 22 orang dan menyebabkan satu orang hilang menyusul hujan lebat di negara yang sebagian besar gersang itu, kata seorang pejabat setempat.

Pejabat kelompok bantuan Masyarakat Bulan Sabit Merah setempat pada Sabtu (23/7/2022) mengkonfirmasi kematian tersebut.

Kelompok tersebut menambahkan bahwa 150 responden darurat dan unit udara sedang bekerja di tempat kejadian di kota Estahban, 174 kilometer (108 mil) timur ibukota provinsi, Shiraz.

Dikutip Al Jazeera, Gubernur Estahban, Yousef Kargar, mengatakan hujan lebat pada hari Jumat di bagian tengah wilayah Estahban menyebabkan banjir, menurut kantor berita negara IRNA.

Video yang diposting di media lokal dan sosial menunjukkan mobil-mobil terperangkap di air yang naik dan terbawa arus sementara orang tua berusaha menyelamatkan anak-anak mereka dari kendaraan.

Khalil Abdollahi, kepala departemen manajemen krisis provinsi itu, mengatakan kepada kantor berita Reuters setidaknya 55 orang diselamatkan dalam banjir, yang menenggelamkan 15 mobil.

Baca juga: Iran Tandatangani Perjanjian dengan Perusahaan Gas Rusia Selama Kunjungan Putin

Iran Banjir
Sebuah gambar yang diperoleh AFP dari kantor berita Iran Tasnim pada 23 Juli 2022, menunjukkan sebuah helikopter penyelamat diposisikan di tepi sungai, setelah banjir yang disebabkan oleh hujan lebat di daerah Estahban Iran selatan, yang dilaporkan menewaskan sedikitnya 21 orang. Iran telah mengalami kekeringan berulang selama dekade terakhir, tetapi juga banjir biasa, sebuah fenomena yang diperparah ketika hujan deras turun di bumi yang terpanggang matahari.

Banjir terjadi pada akhir pekan musim panas di Iran, ketika keluarga cenderung pergi ke daerah yang lebih dingin seperti tepi sungai, tepi danau, dan lembah.

BERITA REKOMENDASI

Kekeringan dan banjir

Iran telah mengalami kekeringan berulang selama dekade terakhir, namun banjir juga hal biasa yang mereka saksikan.

Sebuah fenomena yang diperburuk ketika hujan deras turun di bumi yang terpanggang matahari.

Foto yang dirilis oleh Bulan Sabit Merah Iran menunjukkan penyelamat berjalan di tanah kering yang retak sementara yang lain bekerja di antara alang-alang.

Para ilmuwan mengatakan perubahan iklim memperkuat cuaca ekstrem, termasuk kekeringan serta potensi peningkatan intensitas badai hujan.

Pada 2019, banjir besar di selatan negara itu menewaskan sedikitnya 76 orang dan menyebabkan kerusakan yang diperkirakan lebih dari $2 miliar.

Baca juga: Berbicara di Iran, Presiden Rusia Vladimir Putin Ancam Putus Pasokan Gas ke Eropa

Kekeringan Iran
Foto selebaran ini disediakan oleh Masyarakat Bulan Sabit Merah Iran (RCS) pada 23 Juli 2022 menunjukkan petugas penyelamat mencari di dekat tepi sungai setelah banjir di daerah Estahban di Iran selatan.

Banjir bandang awal tahun

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas