Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Badan Antariksa Cina Sukses Luncurkan Modul Wentian ke Luar Angkasa

Badan Antariksa China sukses mengirimkan Wentian, modul antariksa tambahan untuk stasiun antariksa Tianhe di luar angkasa.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Badan Antariksa Cina Sukses Luncurkan Modul Wentian ke Luar Angkasa
Global Times
MELUNCUR - Roket raksasa Long March 5B milik Badan Antariksa China menerbangkan modul Wentian yang akan disatukan ke stasiun antariksa Tianhe. Peluncuran dilakukan dari stasiun darat Hainan di Cina selatan, Minggu (24/7/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Badan Antariksa Cina berhasil meluncurkan modul Wentian ke luar angkasa, melengkapi upaya pembuatan stasiun luar angkasa raksasa Tianhe yang sedang dilakukan.

Tiga taikonaut Shenzhou-14 sekarang hanya beberapa jam lagi untuk melakukan misi besar pertama mereka di orbit, menerima kedatangan modul laboratorium Wentian.

Modul itu akan menghubungkannya ke Stasiun Luar Angkasa China dan akan jadi tiga modul. Peluncuran dilakukan di stasiun darat Hainan di Cina Selatan, Minggu (24/7/2022).

Roket raksasa pengangkut berat Long March-5B Y3 lepas landas dari Situs Peluncuran Luar Angkasa Wenchang pada pukul 14.22 waktu setempat.

Setelah penerbangan sekitar delapan menit, modul Wentian terpisah dari badan roket dan memasuki orbit yang telah ditentukan.

Detik-detik lepasnya modul itu , menandai keberhasilan misi peluncuran yang dilakukan Badan Antariksa Berawak China.

Wentian, modul lab pertama dari stasiun ruang angkasa negara itu, diharapkan untuk melakukan pertemuan semi-otonom dan berlabuh dengan kabin inti stasiun ruang angkasa Tianhe.

BERITA TERKAIT

Modul inti stasiun ruang angkasa Tianhe akan untuk pertama kali menerima pesawat ruang angkasa baru saat kru berada di dalamnya.

Revolusi Kemampuan Antariksa Cina

Dalam beberapa bulan mendatang, orang-orang di bumi akan dapat menyaksikan pembangunan Stasiun Luar Angkasa China yang akan selesai dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah umat manusia.

Stasiun luar angkasa pertama dalam sejarah, Salyut 1, diluncurkan Uni Soviet, modul intinya dikirim ke orbit pada 1986.

Dalam waktu sepuluh tahun, stasiun tersebut menyelesaikan perakitan enam modul dengan berat total 130 ton.

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mulai dibangun pada 1998 dan menghabiskan 12 tahun, dengan koordinasi dari 15 negara, untuk membangun struktur 15 modulnya.

Stasiun Luar Angkasa China direncanakan akan beroperasi sebelum akhir 2022, bertujuan untuk menyelesaikan perakitan di orbit.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas