Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cina Sambut Hangat Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Beijing

Presiden Joko Widodo menjadi pemimpin pertama dunia yang mengunjungi Beijing sesudah Olimpiade Musim Dingin pada Februari 2022.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Cina Sambut Hangat Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Beijing
TRIBUN/DANY PERMANA
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Widodo berbincang dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping (kiri) saat melakukan 'Historical Walk' di Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, dalam peringatan ke-60 tahun Konferensi Asia-Afrika, Jumat (24/4/2015). (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Cina menyambut hangat kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Beijing. Media Global Times yang dikontrol Beijing mengungkapkan hal itu, Selasa (26/7/2022).

Kunjungan itu spesial karena Jokowi menjadi pemimpin negara pertama yang mendatangi Presiden Xi Jinping seusai Olimpiade Musim Dingin Februari 2022.

Kehadiran Jokowi di Beijing juga dianggap penanda tidak hanya ingin meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan dan infrastruktur, tetapi juga membangun komunitas masa depan Bersama.

Pengamat poplitik Cina mengatakan Cina selalu menghargai tekad Indonesia untuk melawan hegemoni dan tetap berpegang pada pendekatan non-blok.

Baca juga: Presiden Jokowi Tiba di Beijing dan Siap untuk Bertemu Xi Jinping

Baca juga: Menlu AS Khawatirkan Harmonisnya Hubungan Beijing dengan Moskow di Tengah Konflik Ukraina

Baca juga: Pengamat Asing Soroti Rencana Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden China Xi Jinping Hari Ini

Mereka percaya sikap dan upaya Indonesia yang berdedikasi mempromosikan pembangunan global yang adil tidak hanya akan memenangkan dukungan Cina dalam KTT G20 mendatang.

Hal ini juga akan membantu Indonesia, serta seluruh ASEAN, untuk memilih apa yang terbaik bagi mereka, kecuali AS, membuat hiruk-pikuk dari apa yang disebut ancaman Cina.

Dubes Cina di Jakarta, Lu Kang, memposting keberangkatan Presien Jokowi ke Beijing di Twitter pada Senin sore.

BERITA REKOMENDASI

Atas undangan Presiden Cina Xi Jinping, Widodo dijadwalkan untuk mengunjungi Cina dari Senin hingga Selasa.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying dan Zhao Lijian mengumumkan pada Kamis lalu.

Selama kunjungan Widodo, Xi Jinping akan mengadakan pembicaraan dengan tamunya, dan Perdana Menteri China Li Keqiang juga akan bertemu Presiden Indonesia.

Zhao Lijian menambahkan, Cina akan melakukan yang terbaik untuk menjamin kunjungan yang aman dan sukses melalui upaya pencegahan virus yang efektif.

Cina adalah leg pertama dari tur tiga negara Jokowi di Asia. Setelah Beijing, Presiden Indonesia juga akan mengunjungi Jepang dan Korea Selatan.

Menjadi kepala negara asing pertama yang mengunjungi Cina sejak Olimpiade Musim Dingin Beijing, kunjungan Jokowi dipandang para ahli sebagai simbol pentingnya hubungan bilateral Cina dan anggota ASEAN.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan fokus kunjungan Presiden RI ke China, Jepang, dan Korea Selatan adalah memperkuat kerja sama ekonomi.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas