Tribun

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak

Kremlin Ungkap Putin Takkan Hadiri Pemakaman Mantan PM Jepang Shinzo Abe September Mendatang

Kremlin mengatakan Vladimir Putin tidak akan berpartisipasi dalam pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe pada September mendatang.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Kremlin Ungkap Putin Takkan Hadiri Pemakaman Mantan PM Jepang Shinzo Abe September Mendatang
Vladimir SMIRNOV / TASS Host Photo Agency / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada sesi pleno Forum Ekonomi Timur di pelabuhan Vladivostok Rusia timur jauh pada 5 September 2019. Belum lama ini, Kremlin mengatakan Vladimir Putin tidak akan berpartisipasi dalam pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe pada September mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM - Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada wartakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak ada rencana mengunjungi Jepang untuk menghadiri pemakanan kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe, Senin (25/7/2022).

Dikatakan tingkat partisipasi Rusia terkait pemakaman Abe belum ditentukan.

"Tidak, Putin tidak memiliki rencana untuk mengunjungi Jepang, untuk berpartisipasi dalam pemakaman. Tingkat [partisipasi] akan ditentukan nanti. Putin tidak akan pergi," katanya menjawab pertanyaan dari TASS.

Sementara itu, pada konferensi pers reguler pada Senin (25/7/2022), Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Seiji Kihara mengatakan bahwa Tokyo telah memberi tahu semua negara yang memiliki hubungan diplomatik, termasuk Rusia, tentang tanggal dan tempat pemakaman kenegaraan.

Pemerintah Jepang sebelumnya telah menyetujui keputusan untuk mengadakan pemakaman kenegaraan pada 27 September untuk Abe, yang tewas dalam serangan 8 Juli.

Upacara, yang diperkirakan akan dihadiri oleh sejumlah besar delegasi asing, termasuk kepala negara, akan diadakan di Budokan Arena (Balai Seni Bela Diri) di Tokyo, dekat Istana Kekaisaran.

Baca juga: Tersangka Pembunuhan Mantan PM Jepang Shinzo Abe Dipindahkan ke Osaka Jalani Pemeriksaan Mental

Pekan lalu, surat kabar Mainichi melaporkan, mengutip sumber-sumber pemerintah, bahwa Jepang tidak bermaksud mengundang Putin ke pemakaman Abe.

Ini menekankan bahwa ini sebagian disebabkan oleh fakta bahwa Jepang telah melarang pejabat Rusia memasuki negara itu sebagai bagian dari sanksi yang dijatuhkan karena situasi di sekitar Ukraina.

Shinzo Abe dan Putin bertemu 27 kali

Abe dan Putin mengembangkan hubungan yang hangat dan bersahabat selama kepemimpinannya.

Mereka bertemu sebanyak 27 kali dan saling menyapa dengan nama depan.

Dikutip Japan Today, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan pada tahun 2020, setelah Abe mengundurkan diri sebagai perdana menteri, hubungan antara kedua pemimpin "benar-benar bersahabat, saling menghormati dan berdasarkan simpati pribadi".

Harian Sankei Jepang melaporkan pada Sabtu (23/7/2022) bahwa Tokyo cenderung tidak mengizinkan Putin menghadiri pemakaman, yang dijadwalkan pada 27 September.

Seperti diketahui, Abe ditembak mati pada kampanye bulan ini.

Baca juga: Pemerintah Jepang Tolak Putin Hadiri Pemakaman Mantan PM Shinzo Abe 27 September 2022

Shinzo Abe_Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada sesi pleno Forum Ekonomi Timur di pelabuhan Vladivostok Rusia timur jauh pada 5 September 2019.
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas